logo


Tingkatkan Aktivitas Militer di Dekat Taiwan, China: Ditujukan untuk Melawan Gerakan Separatis

Militer China meningkatkan aktivitas militernya di dekat Taiwan untuk mencegah intervensi pihak asing dan gerakan separatis yang mendukung kemerdekaan Taiwan

13 Oktober 2021 19:00 WIB

Kapal Perang China
Kapal Perang China istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kantor Urusan Taiwan pemerintah China, Ma Xiaoguang, pada Rabu (13/10) mengatakan jika China melakukan latihan militer di dekat perbatasan dengan Taiwan untuk menjaga kedaulatan nasionalnya dan mencegah intervensi asing dalam isu internalnya.

"Latihan PLA [Tentara Pembebasan Rakyat] adalah tindakan yang diperlukan untuk melindungi kedaulatan negara dan integritas teritorial, itu ditujukan untuk melawan gerakan separatis yang menganjurkan 'kemerdekaan Taiwan' dan campur tangan eksternal," kata diplomat itu dalam sebuah briefing, dikutip Al Arabiya.

Ia menambahkan bahwa latihan itu juga ditujukan untuk melindungi kepentingan rakyat China, serta kepentingan khusus "rekan senegara Taiwan," karena kemerdekaan pulau itu akan membawa "efek bencana" bagi rakyat Taiwan sendiri.


Intelijen Israel Tak Yakin Iran Bisa Bikin Bom Nuklir dalam Waktu Dekat

"Keamanan dan kesejahteraan rekan-rekan Taiwan dapat dipastikan hanya melalui upaya-upaya menahan diri dari 'kemerdekaan' Taiwan," tambahnya.

Pekan lalu, Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng mengatakan bahwa Beijing mungkin mempertimbangkan untuk melakukan invasi skala penuh ke pulau itu pada tahun 2025. Pernyataan itu muncul setelah Beijing mengirim hampir 150 pesawat militer ke zona pertahanan udara Taiwan pada 1 Oktober lalu.

Rudal Hipersonik seperti Milik Rusia Masih Terlalu Mahal, AS Ingin yang Lebih Terjangkau

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia