logo


Ferdinand Yakin SBY Tak Bakal Dukung Anies di Pilpres 2024

Meski begitu, Ferdinand lebih yakin bahwa Anies tak akan maju menjadi capres.

13 Oktober 2021 17:48 WIB

Ferdinand Hutahaen.
Ferdinand Hutahaen. rmol.co

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Mantan kader Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean meyakini Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak akan mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Pernyataan itu merupakan reaksi Ferdinand atas dugaan banyaknya sosok king maker, selain Jusuf Kalla, yang menginginkan Anies menjadi presiden.

“Siapa kira-kira ya yang bisa berjuluk King Maker? Apakah Rizieq? Rizal? Refly? Atau Rocky? Kalau SBY saya tak yakin akan dukung Anies,” cuitnya lewat akun Twitter @FerdinandHaean3, Rabu (13/10).


Demokrat Duga Ada Pihak yang Ingin Singkirkan AHY, Marzuki Alie: Berkhayal Terlalu Jauh

Tokoh politik hingga ulama yang digadang-gadang menjadi king maker disebut oleh Ferdinand. Termasuk politikus PKS, Mardani Ali Sera.

“Mungkinkah Mardani Ali Sera yang dimaksud?,” ujar dia.

Pada akhirnya, Ferdinand tak mau ambil pusing soal sosok king maker pada 2024. Dia hanya mewanti-wanti kepada Anies agar tak terlalu berharap untuk menjadi orang nomor satu RI.

“Ahhh biarlah, toh Anies ngga bakal pernah jadi Capres. Mimpi boleh saja tapi jangan lupa bangun dari tidur!,” tandasnya.

Sebelumnya, pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan Anies Baswedan tidak hanya memperoleh dukungan dari JK seorang di Pilpres 2024. Anies disebut memerlukan banyak dorongan, salah satunya dari ketua umum partai politik.

"Anies tak mungkin main satu pintu. Kemungkinan akan banyak pintu. Tak mungkin hanya didukung JK saja. Tapi membutuhkan dukungan tokoh-tokoh lain. Apalagi JK tak punya partai. Anies butuh dukungan dari ketum-ketum Partai. Artinya butuh banyak dukungan dari yang lain," kata Ujang.

"Akan banyak King Maker-nya. JK King Maker, di luar parpol," terusnya.

Bela Ibas, Demokrat: Yang Ditunggu Bukan Komentar Andre Rosiade, tapi Aksi dari Pemerintah

Halaman: 
Penulis : Iskandar