logo


Intelijen Israel Tak Yakin Iran Bisa Bikin Bom Nuklir dalam Waktu Dekat

Meski meyakini jika Iran dalam waktu dekat ini masih belum bisa mengembangkan senjata nuklir, namun perkembangan nuklir Iran tetap harus diwaspadai

13 Oktober 2021 17:47 WIB

Badan Inteljen Israel, Mossad
Badan Inteljen Israel, Mossad istimewa

TEL AVIV, JITUNEWS.COM - Para politikus Israel telah lama mengklaim bahwa Iran tinggal selangkah lagi bisa membuat bom nuklir, sama seperti yang selama ini digaungkan oleh pemerintah Amerika Serikat. Namun, intelijen Israel tidak terlalu mengkhawatirkan isu tersebut.

Pada awal bulan ini, Mayor Jenderal Tamir Hayman, kepala Direktorat Intelijen Militer Israel, mengatakan kepada Walla News bahwa meski Iran tengah menimbun uranium yang diperkaya dalam jumlah yang cukup "mengganggu", namun hal itu belum cukup untuk membuat Teheran bisa membuat sebuah bom nuklir.

“Sepengetahuan kami ... Mereka (Iran) tidak menuju ke arah bom sekarang: Mungkin di masa depan yang jauh,” kata Hayman kepada outlet online Israel tersebut.


Taliban Copot Para "Penjahat" di Kabinet Pemerintahan Sementara Afghanistan

Senada dengan pernyataan tersebut, mantan kepala badan intelijen Mossad, Yossi Cohen, yang diduga berada di balik operasi pencurian dokumen program nuklir Iran tahun 2018, juga mengatakan kepada pendengar di forum Jerusalem Post pada Selasa bahwa Iran “sampai hari ini, bahkan hampir tidak memperoleh senjata nuklir. ”

Meski demikian, Cohen tetap mewaspadai perkembangan kemampuan nuklir Iran, dan mengisyaratkan jika Israel mampu menghentikannya tanpa bantuan pihak lain.

“Kita harus mengembangkan kemampuan untuk memungkinkan kita benar-benar independen," kata Cohen.

Irak yang Berhasil Tangkap Petinggi ISIS, Pentagon Berikan Warning

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia