logo


Sebut Ada Sosok yang Ngotot Penjarakan Saiful Mahdi, PKS Duga Ada Intervensi Hakim

PKS menduga ada pengabaian hakim terhadap fakta-fakta yang diungkapkan dalam persidangan kasus Saiful Mahdi

13 Oktober 2021 05:06 WIB

Politikus PKS Nasir Djamil
Politikus PKS Nasir Djamil detik.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Muhammad Nasir Djamil mengatakan ada sosok yang kukuh memenjarakan Dosen Universitas Syiah Kuala, Aceh, Saiful Mahdi. Ia menyebut sosok itu telah mengabaikan upaya mediasi yang dilakukan pihak kepolisian.

"Memang saya dengar, saya enggak sebutkan siapa orang itu, dan saya langsung menelepon orang tersebut di Aceh, 'memang Saiful Mahdi ini harus dihukum. Sehari pun, harus dihukum'," kata Djamil, menirukan ucapan sosok tersebut, dalam diskusi daring di YouTube Jakartankcus, Selasa (12/10/2021).

Djamil menduga ada pengabaian hakim terhadap fakta-fakta yang diungkapkan dalam persidangan kasus Saiful Mahdi. Meski demikian, ia tidak mengatakan secara detail terkait kemungkinan hakim intervensi kasus tersebut.


Jadwal Pemilu 2024 Belum Diputuskan, PKS: Aneh

"Saya lihat kenapa kemudian hakim di persidangan tidak memperdulikan berbagai macam pertimbangan, yang disampaikan saksi ahli dan juga hal-hal lain," ujar anggota Komisi III DPR RI itu.

Diketahui, Saiful Mahdi merupakan dosen Universitas Syiah Kuala (Unsiyah) Aceh yang divonis 10 tahun karena mengkritisi pengadaan calon pegawai negerisipil (CPNS) di kampusnya. Ia kemudian mengajukan amnesti kepada Presiden Joko Widodo dan diterima pada tanggal 29 September 2021.

 

Indonesia Punya Cadangan Tembaga yang Besar, Jokowi: Jangan Sampai Smelternya di Negara Lain

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati