logo


Vaksin Sputnik V Bakal Segera Dapatkan Persetujuan dari WHO

Kepala Ilmuwan WHO mengatakan bahwa vaksin buatan Rusia akan segera mendapatkan persetujuan dari pihaknya jika pemerintah Rusia sudah menandatangani dokumen persyaratannya

12 Oktober 2021 20:45 WIB

Vaksin Sputnik V buatan Rusia
Vaksin Sputnik V buatan Rusia istimewa

JENEWA, JITUNEWS.COM - Badan Kesehatan Dunia (WHO) dapat menyetujui vaksin Sputnik V COVID-19 Rusia pada akhir tahun ini jika Moskow sudah menandatangani dokumen hukum yang diperlukan dalam beberapa hari mendatang. Hal itu disampaikan oleh Kepala Ilmuwan WHO Soumya Swaminathan dalam sebuah wawancara dengan media Rusia, Sputniknews.

“Ada beberapa dokumen hukum yang perlu ditandatangani oleh kedua belah pihak sebelum proses [peninjauan WHO terhadap vaksin Rusia] berlanjut, dan saya pikir di sinilah kita sekarang. Pihak berwenang Rusia telah meyakinkan kami bahwa dokumen-dokumen ini akan ditandatangani dengan segera, dan segera setelah ini selesai ... evaluasi berkas akan dimulai kembali, dialog akan dimulai kembali, dan kemudian inspeksi akan direncanakan," kata Swaminathan.

WHO juga berharap dapat mengirim tim ahlinya ke Rusia sesegera mungkin untuk memeriksa lokasi manufaktur vaksin buatan Institut Gamaleya tersebut.


Kim Jong-un Ingin Bangun Kekuatan Militer Korea Utara yang Tak Tertandingi

“Jika semua ini terjadi [dokumen ditandatangani] dalam beberapa hari ke depan, proses akan dimulai kembali, dan sangat mungkin bahwa pemeriksaan juga akan dilakukan sebelum akhir tahun, dan prosesnya dapat diselesaikan," kata Swaminathan.

"Kami berharap begitu [Sputnik V akan disetujui], dan itu adalah vaksin yang bagus dari data yang kami lihat," tukasnya.

Militer China Akan Gunakan Segala Cara untuk Satukan Taiwan dengan China Daratan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia