logo


Indonesia Punya Cadangan Tembaga yang Besar, Jokowi: Jangan Sampai Smelternya di Negara Lain

Jokowi menyebut Indonesia masuk dalam kategori 7 besar negara yang memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia.

12 Oktober 2021 15:15 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Ist

GRESIK, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Indonesia memiliki cadangan tembaga yang sangat besar. Jokowi menyebut Indonesia masuk dalam kategori 7 besar negara yang memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia.

"Negara kita Indonesia memiliki cadangan tembaga yang sangat besar. Masuk dalam kategori 7 negara yang memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia," kata Jokowi dalam sambutan groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik seperti disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (12/10).

Jokowi mengatakan bahwa potensi yang besar ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemakmuran rakyat.


Tuding Uni Eropa Munculkan Isu Sawit Tidak Ramah Lingkungan, Jokowi: Ini Hanya Perang Bisnis

"Ini yang banyak kita nggak tahu, potensi yang sangat besar ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya, sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat dengan menciptakan nilai tambah yang setinggi-tingginya bagi ekonomi kita," kata Jokowi.

"Jangan sampai kita memiliki tambang, kita memiliki konsentrat jangan sampai smelternya ada di negara lain seperti tadi disampaikan pak menteri ada di negara lain di Spanyol, ada di Jepang, nilai tambahnya berarti yang menikmati mereka. Ini lah kenapa smelter PT Freeport dibangun di dalam negeri yaitu di Gresik Provinsi Jawa Timur," jelas Jokowi.

UEA Tanam Investasi Pembangunan PLTS Terbesar se-ASEAN, Bahlil: RI akan Percepat Perizinan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata