logo


Sekjen PBB Kecam Taliban yang Belum Penuhi Janji soal Hak Perempuan

Sekertaris Jenderal PBB mendesak Taliban untuk merealisasikan janji yang mereka buat terhadap kaum perempuan Afghanistan

12 Oktober 2021 15:30 WIB

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres REQnews

NEW YORK, JITUNEWS.COM - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Senin (11/10) mengecam Taliban yang dinilai belum merealisasi janji yang mereka buat terhadap kaum perempuan Afghanistan. Meski demikian, Guterres masih mendesak seluruh komunitas internasional untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan dan suntikan investasi ke negara tersebut untuk mencegah keruntuhan perekonomian.

“Saya sangat khawatir melihat janji Taliban untuk perempuan dan anak perempuan Afghanistan yang dilanggar,” katanya kepada wartawan, dikutip Al Arabiya.

Seperti diketahui, Taliban berhasil mengambil alih pemerintahan Afghanistan pada 15 Agustus lalu, atau dua pekan sebelum seluruh pasukan militer koalisi NATO ditarik mundur dari negara itu.


Bertahun-tahun Jadi Buronan AS, Petinggi ISIS Berhasil Ditangkap Oleh Irak

Taliban kemudian berjanji akan membentuk sebuah pemerintahan inklusif dan menjunjung tinggi HAM, termasuk menyediakan akses pendidikan bagi kaum perempuan.

“Saya sangat mengimbau Taliban untuk menepati janji mereka kepada perempuan dan anak perempuan dan memenuhi kewajiban mereka di bawah hukum hak asasi manusia dan kemanusiaan internasional," katanya.

Kim Jong-un: Pyongyang hanya Meningkatkan Militernya untuk Membela Diri dan Bukan untuk Memulai Perang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia