logo


Unggah Foto Hoaks Tol Cisumdawu, Tjahjo Kumolo Beri Klarifikasi

"Mohon maaf postingan jalan Tol di Jabar ternyata salah bukan di Jabar (saya dapat informasi salah) terima kasih perhatiannya," tulis Tjahjo

11 Oktober 2021 05:09 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menyampaikan permohonan maaf usai mengunggah foto yang disebutnya jalan Tol Cisumdawu di Provinsi Jawa Barat. Namun, setelah dilakukan pengecekan, foto tersebut tidak benar atau hoaks.

"Mohon maaf postingan jalan Tol di Jabar ternyata salah bukan di Jabar (saya dapat informasi salah) terima kasih perhatiannya," tulis Tjahjo melalui akun Twitter bernama @tjahjo_kumolo.

Diketahui, pada Sabtu (9/10/2021), Tjahjo Kumolo mengunggah foto yang memperlihatkan sebuah jalan tol. Dalam unggahan tersebut, ia memberikan keterangan bahwa jalan tol tersebut adalah Tol Cisumdawu yang menghubungkan Cileunyi-Sumedang-Dawuan.


Tinjau Tol Cisumdawu, Menteri PUPR Pastikan Operasional Awal 2022

Tjahjo mengatakan bahwa Tol Cisumdawu dapat memangkas waktu perjalanan. Ia menyebut perjalanan menggunalan jalan tol lebih cepat daripada tanpa menggunakan tol. Ia mengatakan waktu tempuh perjalanan dari Bandung ke Tegal hanya 2 jam dengan melewati jalan Tol Cisumdawu. Padahal, kata dia, sebelum adanya jalan tol waktu yang ditempuh dari Bandung ke Tegal yaitu 7 jam.

Menyadari foto yang diunggah tidak benar, Tjahjo Kumulo langsung menghapus unggahannya tesebut. Namun, unggahan itu sudah terlanjur ditangkap layar oleh sejumlah netizen dan menjadi viral di media sosial. Banyak pihak yang menyayangkan seorang menteri mengunggah foto hoaks.

"Akun Twitter Mentri @tjahjo_kumolo Sebar HOAX Foto Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan, Yang Betul Itu Foto Jalan di Turki," tulis seorang netizen dengan akun  @maspiyuaja, Minggu (10/10/2021).

Novel Baswedan Cs Direkrut Jadi ASN Polri, Tjahjo Kumolo: Kami Tak Terlibat

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati