logo


Genjot Pariwisata, Gibran Dukung Revitalisasi Bangunan Keraton Kasunanan Surakarta

Program revitalisasi keraton dijalankan secara bertahap.

8 Oktober 2021 11:41 WIB

Gibran tinjau bangunan Keraton Kasunanan Surakarta
Gibran tinjau bangunan Keraton Kasunanan Surakarta Prokompim Pemkot Solo

SOLO, JITUNEWS.COM – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka angkat bicara soal rencana revitalisasi bangunan Keraton Kasunanan Surakarta. Dia berharap wacana itu bisa segera diwujudkan mengingat keraton adalah cagar budaya nasional yang harus dilestarikan.

Hal ini disampaikan Gibran saat meninjau kondisi keraton bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH), Dipokusumo di area Keraton Kasunanan Surakarta, Kamis (7/10).

“Nanti satu persatu kita rapatkan dulu untuk revitalisasi sesuai arahan langsung dari sini dan prosesnya bertahap untuk kerja sama pariwisata,” ujar Gibran.


Soal Cuitan Pigai, Gibran Tegaskan Warga Papua Nyaman Tinggal di Solo

Sementara itu, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH), Dipokusumo menjelaskan kondisi bangunan Keraton Kasunanan Surakarta yang harus segera diperbarui.

“Dalam rangka revitalisasi bangunan keraton, kita harus menyangkut skala prioritas dan kepentingan yang berbeda-beda. Kan ada lima fungsi keraton, tempat tinggal, tempat upacara, tempat wisata, tempat kegiatan peribadatan, atau tempat-tempat yang mendukung misalnya kantor,” ungkap Dipokusumo.

Lalu, Direktur Jenderal Cipta Karya, Ir. Diana Kusumastuti, M.T. dari Kementerian PUPR ingin memastikan kondisi bangunan keraton yang sudah lama berdiri. Dia pun mendukung program revitalisasi yang sudah dicanangkan.

“Saya kan melihat dulu saja kira-kira keratonnya seperti apa, yang rusak-rusak seperti apa. Namanya juga bangunan lama, jadi banyak yang rusak dan harus diperbaiki,” kata Diana.

Kontraktor Proyek GOR Manahan Solo Dinilai Tak Profesional, Gibran: Sudah Kita Putus Kontrak

Halaman: 
Penulis : Iskandar