logo


India Beli Sistem Pertahanan Udara dari Rusia, AS Siap Jatuhkan Sanksi

Amerika Serikat saat ini tengah mempertimbangkan sanksi macam apa yang akan mereka jatuhkan kepada India terkait kesepakatan pembelian sistem pertahanan udara S-400 dengan Rusia

7 Oktober 2021 21:00 WIB

Sistem Rudal S-400
Sistem Rudal S-400 istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Wakil menteri luar negeri AS, Wendy Sherman, pada Rabu (6/10) mengatakan bahwa Presiden Joe Biden dan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, akan segera memutuskan kemungkinan sanksi yang akan dijatuhkan kepada India, setelah negara Asia Selatan tersebut tengah membahas mengenai rencana pembelian sistem pertahanan udara S-400 dengan Rusia.

Sherman menilai sistem pertahanan rudal udara S-400 sangat 'berbahaya' untuk digunakan.

Sherman, yang kini tengah melakukan kunjungan selama tiga hari di India, telah membahas masalah itu dengan Menteri Luar Negeri India yang juga merupakan Penasihat Keamanan Nasional Ajit Doval.


Aktivitas Militer China Ancam Taiwan, Joe Biden: Saya Sudah Berbicara dengan Xi Jinping

"Kami sudah cukup terbuka tentang negara mana pun yang memutuskan untuk menggunakan S-400. Kami pikir itu berbahaya dan tidak untuk kepentingan keamanan siapa pun," kata Wendy Sherman, dikutip Sputniknews.

“Dengan demikian, kami memiliki kemitraan yang kuat dengan India. Kami ingin sangat cermat tentang cara-cara ke depan, dan melakukan diskusi diantara negara kami untuk mencoba memecahkan masalah, dan saya harap kami juga dapat melakukannya dalam hal ini,” tambah Sherman.

Sebelumnya, Kepala Angkatan Udara India Marsekal Udara V.R. Chaudhari pada Selasa (5/10) mengatakan bahwa pengiriman pertama S-400 akan tiba di India pada Desember tahun ini, dan empat resimen lain dari sistem pertahanan Rusia tersebut akan dikirim pada tahun 2023 mendatang.

Stoltenberg Sebenarnya Ingin Bentuk Dewan NATO-Rusia, Tapi Moskow Belum Siap

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia