logo


Stoltenberg Sebenarnya Ingin Bentuk Dewan NATO-Rusia, Tapi Moskow Belum Siap

Sekertaris Jenderal NATO mengatakan bahwa pihaknya sudah membahas mengenai pembentukan Dewan NATO-Rusia, namun sejauh ini belum ada kesepakatan yang tercapai

7 Oktober 2021 20:37 WIB

Sekertaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg
Sekertaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa dia sudah membahas mengenai kemungkinan untuk membentuk Dewan NATO-Rusia dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, namun sejauh ini belum ada kesepakatan yang tercapai.

“Kami siap untuk mengadakan pertemuan Dewan NATO-Rusia, kami sebenarnya telah mengundang Rusia sejak lama. Sejauh ini, Rusia belum merespons secara positif, dan oleh karena itu belum ada pertemuan. Saya bertemu dengan Menteri (Sergey) Lavrov di PBB selama Majelis Umum PBB beberapa hari yang lalu dan kami tidak dapat menyepakati untuk mengadakan pertemuan baru Dewan NATO-Rusia," kata Stoltenberg dalam sebuah konferensi pers yang digelar pada hari Kamis (7/10).

Menurut Stoltenberg, Dewan NATO-Rusia hingga saat ini masih belum bisa dibentuk karena Moskow belum siap untuk hal itu.


Iran Kejar "Lompatan Besar" dalam Hubungan Bilateral dengan Rusia

“Sangat penting untuk duduk di meja perundingan untuk berdiskusi, terutama saat situasi ketegangan semakin meningkat, seperti yang kita saksikan sekarang,” tambah Stoltenberg.

Sebelumnya, Stoltenberg meminta negara-negara anggota NATO untuk mempertahankan interaksi dan komunikasi dengan Rusia untuk menghindari perang dingin atau perlombaan senjata baru.

"Kami harus berbicara dengan Rusia karena kami tidak menginginkan Perang Dingin yang baru. Kami tidak ingin perlombaan senjata baru dan Rusia adalah tetangga kami sehingga kami perlu terlibat dengan mereka," kata Stoltenberg, berbicara di Washington, DC pada Selasa (5/10).

Aktivitas Militer China Ancam Taiwan, Joe Biden: Saya Sudah Berbicara dengan Xi Jinping

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia