logo


Proses Laporan Rasisme Pigai, Polri Kumpulkan Bukti yang Relevan

Rusdi mengatakan bahwa tim penyidik akan mengumpulkan bukti yang relevan untuk menentukan tindakan selanjutnya.

7 Oktober 2021 13:30 WIB

Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai
Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai suarapapua.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah memproses laporan dugaan rasisme yang dilakukan oleh eks anggota Komnas HAM Natalius Pigai. Ia mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari pelayanan Korps Bhayangkara terhadap masyarakat.

"Polri sebagai pelayan masyarakat. Siapa pun yang datang ingin dilayani oleh Polri tentunya polisi akan melayani, termasuk laporan terhadap saudara Natalius Pigai itu," kata Rusdi Hartono kepada wartawan, Rabu (6/10/2021).

Rusdi mengatakan bahwa tim penyidik akan mengumpulkan bukti yang relevan untuk menentukan tindakan selanjutnya.


Bakal Dilaporkan Pigai ke Polisi soal Rasis, Sultan HB X Tanggapi Begini

"(Laporan) diterima dipelajari oleh penyidik tentunya akan diambil langkah-langkah oleh penyidik nanti mengumpilkan bukti bukti yang relevan untuk menilai Apakah ada tindak pidana atau tidak ada tindak pidana," ujarnya.

Ia mengatakan apabila tim penyidik tidak menemukan unsur tindak pidana maka laporan kelompok Bara Nusantara (Baranusa) ke Pigai akan dihentikan. Namun, apabila ditemukan unsur pidana maka perkara itu akan dilanjutkan proses hukumnya.

Diketahui, Natalius Pigai telah dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Ketua Umum Barisan Relawan Nusantara (Baranusa) Adi Kurniawan pada Senin (4/5/2021). Pigai disebut bertindak rasis terhadap Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Jangan percaya orang Jawa Tengah Jokowi & Ganjar. Mereka merampok kekayaan kita, mereka bunuh rakyat papua, injak2 harga diri bangsa Papua dgn kata2 rendahan Rasis, monyet & sampah," tulis Pigai di akun Twitter-nya @NataliusPigai2, Jumat (1/10/2021).

 

Dilaporkan ke Polisi, Natalius Pigai Marah Cuitannya Dipelintir

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati