logo


Facebook Gangguan, Rusia: Kita Perlu Jejaring Sosial dan Platform Internet Sendiri

Rusia mengatakan bahwa gangguan yang dialami oleh Facebook yang berdampak terhadap jutaan penggunanya di seluruh dunia pada Senin (4/10) menandakan pentingnya setiap negara untuk membangun sistem internet sendiri

5 Oktober 2021 20:55 WIB

Juru bicara pemerintah Rusia, Maria Zakharova
Juru bicara pemerintah Rusia, Maria Zakharova istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Facebook diketahui mengalami gangguan pada Senin (4/10) selama beberapa jam dimana hal itu juga berdampak terhadap operasional sejumlah platform media layanannya, seperti WhatsApp, Instagram dan Messenger. Wakil Presiden Infrastruktur Facebook Inc, Santosh Janardhan, mengatakan jika gangguan tersebut disebabkan oleh perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data mereka.

Menanggapi hal itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan bahwa gangguan operasional Facebook tersebut menandakan pentingnya untuk membangun platform jejaring sosial dan internet mereka sendiri.

"Ini menjawab pertanyaan apakah kita perlu jejaring sosial dan platform internet sendiri," kata Zakharova kepada wartawan, dilansir Reuters.


Teheran Akan Lanjutkan Negosiasi Perjanjian Nuklir pada Awal November

Jaringan sosial terbesar di Rusia, Vkontakte, memiliki pengguna harian jauh lebih banyak di negara itu daripada Facebook dan melaporkan jika lonjakan penggunaan layanan maupun lalu lintas perpesanan setelah layanan Facebook mengalami down.

"Jumlah tayangan video Vkontakte meningkat 18% dan jumlah pesan yang dikirim melalui messenger sebesar 21%," kata Marina Krasnova, kepala jejaring sosial Vkontakte, kepada surat kabar Izvestia.

Dia mengatakan pemirsa situs tersebut juga ikut melonjak 19% dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Untuk diketahui, Rusia telah memutuskan koneksinya sendiri dari internet global pada awal tahun ini. Langkah tersebut dilakukan untuk melindungi negara itu dari terputusnya infrastruktur internet global.

 

Israel Setuju Jual Sistem Pertahanan Udaranya kepada Ceko

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia