logo


Jokowi: Kesigapan TNI Ini Saya Minta Selalu Diaktifkan

Jokowi meminta TNI untuk melakukan inovasi teknologi

5 Oktober 2021 09:57 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo meminta TNI selalu sigap dalam menghadapi berbagai ancaman, seperti radikalisme, terorisme, serangan siber, bahkan ancaman bencana alam.

"Kesigapan TNI ini juga saya minta selalu diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas seperti pelanggaran kedaulatan pencuri kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber, dan ancaman biologis, termasuk ancaman bencana alam," kata Jokowi dalam upacara peringatan HUT TNI di halaman Istana Merdeka seperti disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/10).

Jokowi mengatakan bahwa harus bergeser dari kebijakan pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan. Jokowi mengatakan bahwa hal itu harus dirancang secara sistematis.


Jokowi: Melawan Covid-19 Seperti dalam Perang yang Berlarut-larut

"Saya tegaskan kembali kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan yang berpikir jangka panjang, yang dirancang sistematis dan yang dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan," ujar Jokowi.

Jokowi meminta TNI untuk melakukan inovasi teknologi agar terus aktif dalam konsorsium pertahanan global.

"Untuk itu, saya perintahkan agar terus melakukan adopsi dan inovasi teknologi mutakhir di negara kita bergerak aktif dalam konsorsium pertahanan global, memegang teguh semangat kemandirian dan penguatan industri pertahanan dalam negeri untuk mewujudkan kekuatan pertahanan Indonesia yang lebih mumpuni," ujar Jokowi.

Ajak Jokowi Bangun Peradaban Indonesia, Demokrat: Pesan SBY sebagai Wujud Sharing kepada Presiden Selanjutnya

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata