logo


Anies Dituding Minta Dana Kampanye Antirokok, Ini Tanggapan Riza Patria

Anies memang mengirimkan surat ke Bloomberg, tapi bukan sebuah permintaan dana kampanye antirokok.

5 Oktober 2021 05:05 WIB

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pemprov DKI Jakarta tak membenarkan adanya permintaan bantuan dana kampanye pembatasan merokok kepada pendiri Bloomberg Philantropies, Michael Bloomberg.

Wakil Gubernur DKI Riza Patria menegaskan surat yang dikirimkan oleh Gubernur Anies Baswedan tak berisi permintaan bantuan dana.

"Ini suratnya memang begini, apa adanya. Enggak ada permintaan dana di sini. Enggak ada," ujar Riza kepada wartawan di kompleks Balai Kota, Senin (4/10).


Gerindra Bilang Interpelasi Formula E Sama Saja Ganggu Anies dan Rakyat DKI, Ferdinand Bereaksi

Menurutnya, Anies ingin membatasi konsumsi dan penjualan rokok sebagai komitmen dalam mewujudkan kota sehat. Pasalnya, Indonesia saat ini menempati urutan ketiga soal tingginya konsumsi rokok.

Oleh karena itu, Riza mengatakan pihaknya tak mau memusingkan tudingan bahwa Anies menerima dana untuk kampanye rokok. Dia menganggap hal itu sebagai kritik yang lumrah di negara demokrasi.

"Kritik biasa. Sekarang di Jakarta, kita ini kota yang sangat dinamis. Demokratis. Indeks demokrasi kita termasuk yang tertinggi. Jadi kami, menyambut baik berbagai kritik yang konstruktif. Tapi harus fair, terbuka, kalau ada prestasi, diakui dong," imbuh Riza.

Gubernur DKI Terima Keputusan Pengadilan Soal Polusi Udara, DPD RI: Tindakan Anies Penting Dijadikan Rujukan Seluruh Kepala Daerah

Halaman: 
Penulis : Iskandar