logo


Perkenalkan, Victoria Amazonica: Teratai Raksasa Asal Sungai Amazon

Memiliki diameter daun sekitar 150 hingga 200 cm dan tangkai penopang sepanjang 260 520 cm

15 Mei 2015 10:45 WIB

Victoria Amazonica
Victoria Amazonica

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sejauh mata memandang, danau yang hanya berisi air saja sepertinya kurang sedap dipandang. Biasanya untuk menghiasi danau, teratai merupakan tanaman yang menjadi alternatifnya.  Tanaman hias yang memiliki nama latin Nymphaea ini, tumbuh di permukaan air yang tenang. Bunga dan daun terdapat di permukaan air, dan keluar dari tangkai yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, danau atau rawa.

Tanaman ini memiliki tangkai yang terdapat di tengah-tengah daun. Daunya sendiri berbentuk bundar atau oval lebar yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai. Permukaan daunnya tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air. Normalnya diameter bunga yang dimiliki oleh tanaman ini sekitar 5 sampai 10 cm.

Namun tahukah Anda, ada sebuah teratai raksasa yang bernama Victoria Amazonica? Yap, tanaman teratai ini dijuluki teratai raksasa karena memiliki diameter daun sekitar 150 hingga 200 cm dan memiliki tangkai penopangnya sepanjang 260 – 520 cm.


Indah dan Segar jika Tanam Bunga Ini!!

Sejarah pemberian nama Victoria sendiri, sebagai bentuk penghormatan kepada Ratu Inggris oleh sang penemu pada tahun 1837. Sedangkan Amazon di pilih karena teratai ini ditemukan di sungai Amazon. Maka terciptalah sebuah nama Victoria Amazonica yang dipakai terus hingga saat ini.

Syarat untuk tumbuh

Teratai raksasa ini dapat tumbuh di danau atau kolam yang mendapat langsung paparan sinar matahari. Jika kurang mendapatkan sinar matahari, maka tanaman ini akan layu dan fatalnya bisa menyebabkan tanaman teratai ini mati.

Selain diameternya yang besar, teratai ini mempunyai keunikan lainnya yakni mampu menahan beban raksasa sekitar 12 Kg. Rahasianya karena jika daunnya di tekan dengan telapak tangan, maka akan menimbulkan gaya yang berlawanan arah. Selain itu, daunnya yang tebal dan urat daunnya yang besar mempunyai daya yang sangat kuat sehingga tidak mudah sobek dan tenggelam sewaktu mendapat tekanan.

Sisi lain yang dapat diketahui adalah tanaman ini dapat berganti warna. Warna yang dimiliki oleh si teratai raksasa ini berwarna putih bersih atau merah muda yang tersembul di permukaan air. Dengan bunganya yang berbentuk roset dan memiliki diameter sekitar 25- 30 cm. Teratai raksasa ini memiliki bunga yang selalu mekar silih berganti. Jika ada kuntum yang layu, maka akan tumbuh kuncup yang lainnya. Jika sedang mekar, biasanya menebarkan aroma seperti buah nanas yang sedang masak.

Baca juga: Wow !! Teratai Ini Mampu Menampung Beban Hingga 50 Kg

Klik! Tanaman Hias Penyerap Racun di Dalam Rumah

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah