logo


Pentingnya Database dalam Bisnis, Simak Kegunaannya

Database berguna untuk mengorganisir segala macam data dan informasi.

2 Oktober 2021 10:23 WIB

Ilustrasi pekerja start up
Ilustrasi pekerja start up elements.envato.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Database tidak hanya diperlukan oleh bisnis dengan skala besar saja, namun juga bisnis skala kecil dan menengah. Database berguna untuk mengorganisir segala macam data dan informasi yang dapat diekspor dalam satu kali klik. Untuk sebuah bisnis kecil dan menengah, database berguna untuk pemilik bisnis mengetahui siapa konsumen mereka, inventaris, dan data karyawan.

Apa saja penggunaan database dalam sebuah bisnis?

Database Untuk CRM


Tips Memilih Domain yang Tepat untuk Bisnis Online

Sebuah database customer relationship management (CRM) dapat membantu pemilik bisnis untuk mengelola “asupan darah” dari bisnis mereka - yaitu para konsumen. Database CRM mengorganisir semua informasi mengenai akun, kontak, calon konsumen, hingga peluang yang mungkin bisa diperoleh.

Sebuah data konsumen dapat merekam secara detail kontak mereka, tanggal pembelian terakhir serta jumlah pembelian, dan produk kesukaan. Atau bahkan telepon yang datang dari calon konsumen yang menanyakan produk.

Database ini juga berguna untuk mengelola aktivitas pemasaran serta promosi dengan cara mengekspor alamat email atau mempersiapkan label pengiriman.

Pelacakan Inventaris

Database dapat berguna untuk melakukan pelacakan inventaris yang berada di gudang, ruang penyimpanan, atau yang ditampilkan di rak toko. Integrasi barcode dan alat scan dapat membantu pelacakan dan memonitor perpindahan produk dari tempat-tempat tersebut.

Dengan melakukan pelacakan, seorang pemilik bisnis dapat mengetahui produk apa yang laris terjual sehingga dapat menyiapkan kembali produk tersebut.

Pembayaran Gaji dan Penjadwalan

Salah satu kegunaan database adalah pembayaran gaji karyawan serta penjadwalan. Sebuah bisnis yang berkembang tentu membutuhkan otomasi dalam setiap kegiatannya. Tidak hanya CRM dan pelacakan inventaris, namun juga kegiatan operasional.

Database juga dapat dijadikan tolak ukur, misalnya terkait penjadwalan pegawai toko untuk hari-hari tertentu yang ramai.

Cloud VPS Sebagai Sarana Menyimpan Database

Perkembangan teknologi memungkinkan sarana penyimpanan database tidak terbatas pada server lokal sebuah bisnis. Dengan kehadiran Cloud VPS, pemilik bisnis dapat mengembangkan penyimpanan database secara online dan terintegrasi dengan website maupun sistem lainnya. Cloud VPS memudahkan kontrol bagi para pemilik bisnis untuk bisa tetap terhubung dengan database dimanapun dan kapanpun.

DomaiNesia, selaku provider layanan komputasi awan di Indonesia percaya bahwa pertumbuhan bisnis skala kecil hingga menengah, mulai membutuhkan adaptasi dalam penggunaan server database.

Produk baru Cloud VPS DomaiNesia mampu menghadirkan kecepatan hingga 99.9% dengan teknologi cloud server berkecepatan 10GBE, dan penyimpanan terdistribusi berbasis NVMe SSD.

Yuk Ikuti Kompetisi Bisnis di bank bjb dan Rebut Hadiah Ratusan Juta

Halaman: 
Penulis : Iskandar