logo


Tegaskan Tak Ada Hubungan Lagi dengan 57 Pegawai yang Dipecat, Pimpinan KPK: Mereka Jadi Orang Bebas

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata sebut kewenangan merekrut 57 mantan pegawainya menjadi kewenangan penuh lembaga terkait.

1 Oktober 2021 05:30 WIB

Pimpinan KPK Alexander Marwata
Pimpinan KPK Alexander Marwata kumparan.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengatakan bahwa pihaknya sudah tidak memiliki hubungan kepegawaian dengan 57 pegawai yang dipecat. Ia menyebut 57 pegawai tersebut sudah menjadi orang bebas sehingga bisa direkrut lembaga manapun.

"Hari ini KPK dengan 57 pegawai tersebut sudah tidak memiliki hubungan kepegawaian. Artinya 57 pegawai tersebut menjadi orang yang bebas," kata Alex di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (30/9).

Alex mengatakan bahwa pemecatan 57 pegawai tersebut bukan keputusan pihaknya saja, namun berdasarkan keputusan enam lembaga yang terkait dengan pelaksanaan tes wawasan kebangsaan (TWK) KPK. Oleh karena itu, ia meminta semua pihak menghormati keputusan tersebut.


Novel Baswedan dkk Resmi Dipecat, Busyro: Saya Yakin Rezim KPK Tidak Akan Lama

"Kita juga mendengarkan paparan dari asesor. Kenapa orang ini, masih bisa dilakukan pembinaan kenapa yang lain tidak bisa. Kita juga harus menghormati lembaga lain. Murni bukan semata-mata keputusan KPK, sepihak pimpinan untuk kemudian memberhentikan 57 pegawai," ujarnya.

Terkait rencana 57 mantan pegawainya yang hendak direkrut menjadi ASN Polri, ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Ia pun menegaskan bahwa kewenangan merekrut menjadi kewenangan penuh lembaga terkait.

"Kami akan memberikan atau memfasilitasi, bagaimana dengan keinginan Polri untuk merekrut 57 pegawai tersebut menjadi pegawai, tentu kami menghormati," tuturnya.

 

Kapolri Siap Rekrut Pegawai KPK yang Dipecat, PKS: Menarik Jika Diamanahkan Tugas Khusus

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati