logo


Merger Pelindo, PPP: Kementerian BUMN Harus Selektif dalam Memilih Jajaran Direksi

merger akan membuat kinerja perusahaan ini memiliki standar yang sama dalam mengelola pelabuhan di Indonesia.

30 September 2021 19:15 WIB

Achmad Baidowi
Achmad Baidowi ppp.or.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Anggota Komisi VI DPR RI, Achmad Baidowi menyambut baik rencana merger Pelindo.

Menurutnya merger akan membuat kinerja perusahaan ini memiliki standar yang sama dalam mengelola pelabuhan di Indonesia.

“Pelindo bisa meningkatkan kinerja layanan pelabuhan secara terintegrasi sehingga membuat pengguna jasa bisa menikmati layanan yang sama di semua pelabuhan di Indonesia,” ujarnya di Jakarta, Kamis (30/9/2021).


Uji Kompetensi Pimpinan, Pelindo III Gelar LDP

Sekretaris Fraksi PPP DPR RI ini meminta Kementerian BUMN untuk selektif dalam memilih jajaran direksi, khususnya posisi Direktur Utama. Hal itu guna memastikan bahwa kinerja layanan pelabuhan bisa meningkat secara konsisten.

Menurutnya ada beberapa syarat yang menurutnya perlu dimiliki Dirut Pelindo yang baru. Pertama, ia harus pengalaman dalam jasa layanan pelabuhan.

“Sehingga tidak perlu beradaptasi lebih lama saat memimpin merger Pelindo yang membutuhkan akselerasi cepat,” tuturnya.

Kemudian yang kedua, Dirut Pelindo harus bisa mengerti dan mampu melakukan konsolidasi bisnis dan menentukan arah kebijakan yang progresif agar mampu bersaing dengan pelabuhan-pelabuhan internasional lainnya, sehingga bisa meningkatkan daya saing logistik Indonesia.

Hal lain yang tak tak kalah penting, Dirut harus mempunyai hubungan yang baik dengan semua karyawan Pelindo yang jumlahnya ribuan orang.

“Tidak boleh ada pemutusan hubungan kerja di semua unit perusahaan baik yang sebelumnya berinduk pada Pelindo I hingga Pelindo IV,” kata Baidowi.

“Dirut harus mampy memastikan propabilitas perusahaan tidak terpecah dan memaksimalkan peran SDM yang ada agar bisa saling menyempurnakan kekurangan yang ada,” tukasnya.

Rieke Kembali Paparkan Temuan Bermasalah Pelindo II

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar