logo


Pelajari Semua Agama, Cinta Laura: Fungsi Terbesarnya Membimbing Kompas Moral Manusia

Pemahaman agama yang terbatas dan pemikiran yang tidak kritis bisa menggiring manusia bersikap radikal.

30 September 2021 16:38 WIB

Cinta Laura Kiehl.
Cinta Laura Kiehl. Instagram @claurakiehl

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Cinta Laura Kiehl mengaku senang dapat mempelajari semua ajaran agama saat mengenyam pendidikan di sekolah. Dia merasa memperoleh pelajaran berharga dalam kehidupan ketika memahami setiap agama.

"Saat saya sekolah dulu, saya diwajibkan untuk membaca semua kitab suci agama dari segi literatur dan juga filosofi, sehingga saya diberikan kesempatan untuk bisa memahami keindahan setiap agama," ujar Cinta dalam video yang diunggah di akun Instagramnya, disitat Kamis (30/9).

Dari pengalamannya itu, Cinta menyadari bahwa agama seharusnya bisa menuntun manusia melakukan kebaikan tanpa dilatarbelakangi kepentingan tertentu.


Terkuak Hubungannya dengan Billy Setingan, Begini Penjelasan Amanda Manopo

"Pada akhirnya fungsi terbesar agama adalah satu, yaitu untuk membimbing kompas moral manusia, untuk mengingatkan manusia bahwa kita harus memperlakukan satu sama lain dengan hormat,” jelas Cinta.

“Bahwa kita harus bersyukur dan bahwa kita semua harus sadar waktu kita di dunia ini hanyalah singkat dan terbatas,” sambungnya.

Cinta lantas menyinggung cikal bakal munculnya paham radikalisme. Menurutnya, hal itu didasari pemahaman agama yang terbatas dan pemikiran yang tidak kritis.

"Karena pemahaman yang terbatas dan pemikiran yang tidak kritis, orang-orang terjebak dalam cara berpikir di mana mereka telah memanusiakan Tuhan, merasa memiliki hak dalam mendikte kemauan Tuhan, merasa tahu pikiran Tuhan, dan merasa berhak bertindak atas nama Tuhan, inilah yang akhirnya sering kali berubah menjadi sikap radikal," tuntasnya.

Seperti diketahui, Cinta Laura Kiehl baru-baru ini diberi kesempatan untuk menghadiri acara 'Aksi Moderasi Beragama' yang digelar Kementerian Agama. Tak hanya hadir, Cinta juga menyampaikan pidato tentang agama.

Sebut Hukuman 8 Bulan Penjara Vicky Adalah Bonus, Angel Lelga: Satu Hari Saja Alhamdulillah

Halaman: 
Penulis : Iskandar