logo


Seoul Minta Pyongyang Setuju Umumkan Berakhirnya Perang Korea

Korea Selatan mendorong Korea Utara untuk menyetujui pengumuman berakhirnya perang Korea, yang bertujuan untuk membangun kembali perdamaian dan stabilitas di kawasan

29 September 2021 20:30 WIB

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in (kiri) dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (kanan)
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in (kiri) dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (kanan) Sputniknews

SEOUL, JITUNEWS.COM - Menteri Unifikasi Korea Selatan, Lee In-young, pada Rabu (29/9) mengatakan bahwa pernyataan berakhirnya perang antara Seoul dan Pyongyang akan menjadi langkah besar untuk membangun kembali perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea.

"Sikap pemerintah kami telah diperjelas terus-menerus bahwa menyatakan diakhirinya perang adalah pintu masuk menuju perdamaian dan bisa menjadi langkah yang sangat berarti yang berfungsi sebagai katalis untuk denuklirisasi," kata Lee pada konferensi pers di Bandara Internasional Incheon Seoul, dilansir dari Yonhap News.

Lee mencatat bahwa Korea Selatan akan dengan senang hati berpartisipasi dalam pembicaraan dengan Korea Utara yang bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kedua belah pihak serta menyelesaikan isu denuklirisasi dan lintas batas.


Kecewa dengan Penarikan Penuh Pasukan dari Afghanistan, Petinggi Militer AS: Kegagalan Strategis

"Membuat deklarasi akhir perang bisa menjadi langkah yang sangat berguna dan berarti yang akan membantu Korea Selatan dan Utara, Korea Utara dan AS, dan bahkan negara-negara terkait lainnya, membentuk rasa saling percaya, dan mendorong upaya bergerak menuju perdamaian dan kerja sama," tambah Lee.

Sang menteri menekankan pentingnya Korea Selatan dan Korea Utara untuk melakukan dialog sesegera mungkin dan menambahkan bahwa deklarasi berakhirnya Perang Korea tidak akan menyebabkan kerusakan ekonomi, militer atau politik.

Minta AS Juga Lucuti Senjata Nuklirnya, Iran: Tanggung Jawab Hukum, Politik dan Moral

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia