logo


Korut Kembali Uji Coba Rudal Hipersonik di Laut Jepang

Korea Utara dikabarkan kembali melakukan uji coba peluncuran rudal hipersonik jarak dekat pada Selasa (28/9)

29 September 2021 14:00 WIB

Ilustrasi Rudal Balistik
Ilustrasi Rudal Balistik BBC

PYONGYANG, JITUNEWS.COM - Korea Utara, pada Selasa (28/9) dikabarkan telah kembali menembakkan sebuah rudal hipersonik pengembangan baru mereka di pesisir pantai timurnya. Sejumlah media Korea Utara menyebut uji coba peluncuran tersebut berhasil dilakukan dengan sukses.

"Dalam tes peluncuran pertama, ilmuwan pertahanan mengkonfirmasi kemampuan terbang bermanuver dan stabilitas rudal," kata media Korea Utara Rodong Simun dan KCNA, pada Rabu (29/9).

Kedua media yang dikendalikan oleh pemerintahan Kim Jong-un tersebut mencatat bahwa Park Jeong-Cheon, seorang pejabat tinggi Partai Buruh Korea Utara ikut mengawasi uji coba peluncuran rudal tersebut bersama sejumlah petinggi militer Korut.


Jubir Gedung Putih: Kita Akan Berperang dengan Taliban

"Sebagai hasil dari pengujian, semua indikator teknis yang dimaksudkan telah memenuhi persyaratan desain," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Staf militer Korea Selatan, pada Selasa (28/9) juga telah memberikan konfirmasi kepada Yonhap news terkait uji coba peluncuran rudal jarak pendek Korea Utara tersebut. Menurut keterangan media Korea Selatan, uji coba peluncuran rudal tersebut dilakukan di wilayah provinsi Jagang pada sekitar pukul 6:40 pagi waktu setempat. Rudal tersebut jatuh di Laut Jepang.

Sejumlah sumber militer yang dikutip oleh Yonhap juga mengatakan bahwa rudal yang ditembakkan oleh Pyongyang tersebut merupakan sebuah rudal hipersonic seperti yang diklaim oleh Korea Utara, meski mereka sejauh ini belum bisa mem-verifikasi jenis rudal apa yang diuji-cobakan tersebut. Mereka mengatakan bahwa Korea Selatan saat ini tengah bekerja sama dengan komunitas intelijen AS untuk menganalisa peluncuran itu.

 

Nggak Ingin Konflik Rusia-Turki di Suriah Meningkat, Erdogan dan Putin Gelar Pertemuan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia