logo


Setuju Pemilu Digelar Mei 2024, PAN: Usulan Pemerintah Itu Logis

Pemerintah memilih tanggal 15 Mei 2024 untuk pemungutan suara Pemilu 2024

28 September 2021 21:30 WIB

Guspardi Gaus
Guspardi Gaus twitter.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan bahwa pemerintah memilih tanggal 15 Mei 2024 untuk pemungutan suara Pemilu 2024. Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN, Guspardi Gaus, mendukung usulan pemerintah tersebut.

"Ya kemungkinan kalau usulan pemerintah itu logis dan pertimbangannya dari berbagai aspek persoalan tentu akan kita dukung. Jadi yang menentukan itu adalah kesepakatan Komisi II bersama pemerintah. Fraksi bisa ngusulkan boleh, cuma kita kan mengusulkan ada argumentasi itu nggak. Yang jelas, kita melakukan pembahasan," kata Guspardi Gaus kepada wartawan, Selasa (28/9).

Guspardi mengatakan bahwa proses penyelenggaraan pemilu harus 20 bulan. Padahal jika pemilu 15 Mei maka kurang 20 bulan prosesnya.


Pemerintah Usul Pemilu 2024 Digelar Mei, PKB: Harus Bersiap Hadapi Kekacauan Tahapan Pilkada 2024

"Pertama, prinsipnya tidak boleh beririsan dengan pelaksanaan pilkada. Kalau seandainya dilaksanakan di bulan Mei, tentu masa tahapan akan berkurang, mungkin nggak sampai 20 bulan. Kalau nggak sampai 20 bulan, tentu diperlukan perppu," ujarnya.

"Kalau prosesi masa tahapan itu diperpendek, tentu harus diakomodasi dengan perppu. Kalau revisi UU kan nggak mungkin karena prosesnya panjang," lanjutnya.

Pemerintah Usul Pemilu 2024 Digelar Mei, PDIP: Tentu Keberatan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata