logo


Tingkat Kepuasaan Terhadap KPK Melorot Jadi No 4, IPI: Biasanya Nomor 1 Kini Disalip Kepolisian

"KPK turun itu berita baru, meskipun buat masyarakat sipil mungkin ini bukan hal mengagetkan," ujar Direktur IPI Burhanuddin Muhtadi

27 September 2021 05:23 WIB

sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/kpk-tanggapi-pkpu-luluskan-eks-koruptor-maju-pilkada-2020-enggak-ada-yang-lain.html
sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/kpk-tanggapi-pkpu-luluskan-eks-koruptor-maju-pilkada-2020-enggak-ada-yang-lain.html

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis hasil survei tingkat kepuasaan publik terhadap sejumlah lembaga penegak hukum. Hasilnya, sejumlah lembaga mengalami penurunan tingkat kepuasaan publik termasuk diantaranya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

"Ada penurunan tingkat trust pada KPK, yang biasanya ada di nomor 1 atau 2, sekarang melorot ke peringkat empat, disalip Kepolisian," kata Direktur IPI, Burhanuddin Muhtadi dalam webinar, Minggu (26/9/2021).

Burhanuddin mengatakan bahwa tingkat kepuasaan publik terhadap KPK melorot menjadi nomor empat. Ia mengatakan bahwa berdasar hasil survei, 65 persen responden percaya dengan KPK, 26 sedikit percaya, 4 persen tidak percaya, dan sisanya 5 persen tidak menjawab.


Azis Syamsuddin Ditahan soal Kasus Suap, Abu Janda: KPK Masih Kuat Seperti Dulu

"KPK turun itu berita baru, meskipun buat masyarakat sipil mungkin ini bukan hal mengagetkan," ujarnya.

Sementara tingkat kepercayaan paling besar yakni pada institusi TNI sebesar 90 persen. Kemudian nomor dua ditempati oleh Presiden. Sebanyak 82 resoponden percaya dengan Presiden. Selanjutnya disusul dengan institusi Polri dengan tingkat kepercayaan 71 persen.  

Burhanuddin melanjutkan bahwa nomor lima ada Kejaksaan dengan 61 persen responden mengaku percaya. Kemudian MPR dengan tingkat kepercayaan publik 57 persen, DPD 52 persen, dan DPR 50 persen.

Lebih lanjut, Burhanuddin mengatakan bahwa partai politik menempati posisi paling rendah. Ia mengatakan hanya 48 persen responden yang percaya dengan parpol.

"Kalau DPR dan Parpol saya tidak heran kalau tingkat kepercayaannya paling rendah karena dari dulu memang tidak pernah naik kelas, trust-nya rendah," pungkasnya.

MKD DPR: Kalau Azis Syamsuddin Mengundurkan Diri Lebih Bijaksana dan Terhormat

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati