logo


Korut Bersedia Tanda-Tangani Perjanjian Damai dengan Korsel

Adik Kim Jong-un, menegaskan bahwa pihaknya siap menggelar perjanjian damai dengan Korea Selatan untuk mengakhiri status Perang Korea

26 September 2021 06:30 WIB

Kim Yo Jong, Adik Perempuan Kim Jong-Un
Kim Yo Jong, Adik Perempuan Kim Jong-Un Reuters

SEOUL, JITUNEWS.COM - Pemerintah Korea Utara dikabarkan sudah siap untuk menggelar pertemuan dengan pemerintah Korea Selatan guna membahas mengenai perjanjian damai yang secara resmi akan mengakhiri status Perang Korea 1950-53.

Kim Yo Jong, Adik perempuan dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, pada Sabtu (25/9) menyatakan bahwa pembicaraan damai dapat kembali dilanjutkan jika Korea Selatan bersedia menghormati kedaulatan Korea Utara dan tetap tidak berpihak pada AS.

"Saya pikir hanya ketika ketidakberpihakan dan sikap saling menghormati dapat dipertahankan, maka akan ada kesepahaman yang lancar antara (Korea) utara dan selatan," kata Kim Yo Jong, dikutip KCNA.


Dituduh Permainkan Harga Gas Eropa, Begini Reaksi Rusia

Dia menambahkan bahwa rakyat kedua negara tersebut memiliki keinginan yang sama untuk perdamaian.

"Saya merasa bahwa suasana publik Korea Selatan yang ingin memulihkan hubungan antar-Korea dari kebuntuan dan mencapai stabilitas damai sesegera mungkin sangatlah kuat," kata Kim.

"Kami juga memiliki keinginan yang sama," tegasnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara, Ri Thae Song, mengatakan jika masih terlalu dini untuk mendeklarasikan berakhirnya Perang Korea dengan Seoul karena hal itu tidak akan merubah sikap permusuhan AS terhadap Pyongyang.

“Tidak ada yang akan berubah selama keadaan politik di sekitar DPRK (Korea Utara) tetap tidak berubah dan kebijakan permusuhan AS tidak berubah, meskipun penghentian perang dinyatakan ratusan kali,” kata Ri Thae Song.

Tuntutan terhadap CFEO Huawei Ditangguhkan oleh AS, Perusahaan: Huawei Akan Terus Membela Diri

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia