logo


Polandia Tak Bisa Blokir Sertifikasi Nord Stream 2

Jalur pipa gas Nord Stream 2 yang akan membawa pasokan gas dari Rusia ke Jerman melalui Laut Baltik, selama ini ditentang oleh berbagai pihak

24 September 2021 20:30 WIB

Jalur pipa gas Rusia-Jerman Nord Stream 2
Jalur pipa gas Rusia-Jerman Nord Stream 2 istimewa

BERLIN, JITUNEWS.COM - Otoritas energi Jerman Bundesnetzagentur (BNetzA) menegaskan bahwa perusahaan energi Polandia, PGNiG, tidak akan memiliki hak untuk memveto sertifikasi pipa gas Nord Stream 2 Rusia.

Perusahaan yang berbasis di Warsawa tersebut, bagaimanapun juga akan mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan argumennya selama proses sertifikasi jalur pipa gas Rusia-Jerman yang selama ini ditentang oleh sejumlah negara.

"Badan Jaringan Federal memberikan tanggapan positif terhadap aplikasi PGNiG SA dan PST GmbH atas partisipasi mereka dalam proses sertifikasi," kata kepala departemen humas BNetzA, Fiete Wulff, kepada TASS.


Aset Afghanistan Dibekukan AS, Taliban: Rezeki Tidak di Tangan Joe Biden, Eropa, Rusia atau China

Ia menambahkan bahwa pihak-pihak yang terlibat dapat berpartisipasi dalam proses administrasi, khususnya mereka memiliki hak untuk menyatakan sudut pandang mereka.
"Tapi pihak-pihak yang terlibat itu tidak memiliki hak untuk memveto,” tegas Wulff.

PGNiG, yang dikendalikan oleh pemerintah Polandia, pada Agustus lalu diketahui telah mengajukan permintaan untuk berpartisipasi dalam prosedur sertifikasi jalur pipa gas Nord Stream 2 yang dikelola oleh perusahaan Rusia, Gazprom. Mereka mengklaim bahwa Gazprom tidak ingin mematuhi peraturan energi yang sudah ditetapkan oleh Uni Eropa. PGNiG menuduh Gazprom dapat memonopoli pasokan gas sehingga membahayakan lingkungan persaingan di pasar energi Uni Eropa.

Taliban Ingin Berkunjung ke Moskow, Begini Respons Jubir Vladimir Putin

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia