logo


Ribuan Pengungsi Haiti Dideportasi dari Texas, Utusan Khusus AS untuk Haiti Resign

Utusan khusus AS untuk Haiti menyebut tindakan pemerintah AS men-deportasi ribuan imigran asal Haiti sangat tidak manusiawi

23 September 2021 21:30 WIB

Imigran asal Haiti yang menyeberangi perbatasan AS-Meksiko
Imigran asal Haiti yang menyeberangi perbatasan AS-Meksiko USA Today

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Utusan Khusus AS untuk Haiti, Daniel Foote, telah memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai bentuk protes atas deportasi ribuan warga Haiti yang ditangkap di perbatasan selatan AS. Hal itu ia sampaikan dalam surat pengunduran dirinya, yang juga ia bagikan di media sosial.

"Saya tidak akan dikaitkan dengan keputusan Amerika Serikat yang tidak manusiawi, kontraproduktif, untuk mendeportasi ribuan pengungsi Haiti dan imigran ilegal ke Haiti, sebuah negara di mana para pejabat Amerika Serikat dibatasi untuk mengamankan kompleks karena bahaya yang ditimbulkan oleh geng-geng bersenjata yang mengendalikan kehidupan sehari-hari," kata Foot, dilansir Sputniknews.

Foote membahas insiden baru-baru ini di perbatasan Texas ketika lebih dari 6.000 warga Haiti dan migran lainnya diusir sebuah perkemahan di wilayah Del Rio, Texas.


Menlu China Desak Negara G20 Cairkan Aset Milik Afghanistan

Sebelumnya, Kepala Badan Penanganan Masalah Pengungsian PBB, UNHCR, Filippo Grandi, menyebut tindakan pemerintahan Joe Biden yang mengusir imigran ilegal asal Haiti dari wilayah Amerika Serikat tanpa proses screening merupakan hal yang melanggar undang-undang internasional. Ia menilai screening atau tahap penyaringan sangat diperlukan untuk kepentingan keamanan para pengungsi.

Sejumlah Anggota Dewan AS Minta Presiden Joe Biden Dimakzulkan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia