logo


Menlu China Desak Negara G20 Cairkan Aset Milik Afghanistan

Menteri Luar Negeri China meminta G20 untuk mencabut sanksi yang dijatuhkan terhadap Afghanistan

23 September 2021 19:30 WIB

Menteri Luar Negeri China Wang Yi
Menteri Luar Negeri China Wang Yi China Daily

BEIJING, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, meminta negara-negara anggota G20 untuk mencabut sanksi sepihak yang selama ini mereka jatuhkan terhadap Afghanistan. Ia juga mendesak mereka mencairkan aset Afghanistan dan berhenti menggunakan cadangan devisa Kabul sebagai instrumen tekanan.

Hal itu ia sampaikan dalam pertemuan virtual para menteri luar negeri G20 yang berlangsung di sela-sela sidang Majelis Umum PBB.

"Berbagai sanksi sepihak atau pembatasan yang menargetkan Afghanistan harus dicabut sesegera mungkin. Cadangan devisa Afghanistan adalah aset nasional yang harus dimiliki dan digunakan oleh rakyat, tidak dapat dijadikan sebagai alat tawar-menawar untuk memberikan tekanan politik di Afghanistan," kata Wang melalui videolink, seperti dikutip Kementerian Luar Negeri China.


Iran Minta Teknologi Kapal Selam Nuklir Australia Juga Diawasi oleh IAEA

Ia menambahkan bahwa Afghanistan akan membutuhkan bantuan keuangan dari komunitas internasional untuk memulihkan perdamaian dan memastikan perkembangan lebih lanjut negara itu dalam jangka menengah dan panjang.

"China mendesak negara-negara anggota G20 untuk mengambil langkah-langkah praktis aktif untuk membantu Afghanistan mengurangi tekanan likuiditas saat ini," kata Wang.

Diplomat top China menekankan perlunya meringankan penderitaan rakyat Afghanistan, menyerukan lembaga keuangan internasional, termasuk Bank Dunia, untuk mengembalikan penggunaan normal rekening bank pemerintah Afghanistan sesegera mungkin, memberikan dana dan bantuan ekonomi kepada negara tersebut untuk mengurangi kemiskinan, mencapai pembangunan berkelanjutan, menjamin penghidupan, dan mengembangkan infrastruktur di dalam negeri.

Sanksi AS Cekik Rakyatnya, Suriah Minta Komunitas Internasional Tingkatkan Bantuan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia