logo


Meski Bubar, Rekomendasi Tim Anti-Mafia Migas Tetap Dieksekusi

Menteri Sudirman Said pun mengucapkan banyak terima kasih atas kinerja tim reformasi

13 Mei 2015 16:51 WIB

 Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi (Ist)
Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hari ini, Rabu (13/5), Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi (TRTKM) yang diketuai oleh Faisal Basri resmi dihentikan kegiatannya. Pasalnya, periode kerja selama 6 bulan dari tim tersebut telah berakhir.

Dalam sambutannya saat konferensi pers, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyampaikan, ucapan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada tim yang banyak disebut orang sebagai tim anti-mafia migas itu. Dirinya juga mengaku, puas atas kinerja Tim Reformasi selama bertugas.

"Tim ini selesai sampai disini, tepat 13 Mei berakhir. Kami sempat memohon ada perpanjangan, tapi ada aspek lain yang sifatnya teknis untuk difollow up, tp bukan kewenangan ini," ungkap Sudirman kepada wartawan di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (13/5).


HoA Transisi WK Rokan Diteken, Menteri ESDM: Milestone Jaga Produksi Migas Jangka Panjang

Sudirman mengatakan, beberapa anggota tim juga menjadi aset dalam rekomendasi yang sedang dikerjakan Kementerian ESDM. Jadi sebagian besar Tim Reformasi sudah terserap ke dalam fungsi eksekusi, dan Sudirman juga berharap tim ini bisa mengawal kebijakan Pemerintah ke depannya.

"Tim ini luar biasa karena komposisi anggotanya itu campuran akademisi, praktisi, aktifis sampai pada peneliti. Seluruh item rekomendasi, saya menyebutnya sesuatu yang doable. Ketika menyusun rekomendasi sudah didasarkan bagaimana situasi di lapangan," jelasnya.

Sudirman juga menambahkan, dari keseluruhan poin yang direkomendasikan oleh Tim Reformasi, sebagian besar sudah dalam perencanaan Kementerian ESDM. Baik yang sudah berjalan maupun yang baru akan berjalan.

"Dari keseluruhan aspek yang ada, hampir semua sedang kita sentuh dan followup. Sekitar 60% rekomendasi tim sudah kami jalani," tutup Sudirman.

Jangan Khawatir, Pertamina Tambah Pasokan Gas Elpiji 3 Kg

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Deni Muhtarudin