logo


Tanggapi Pemeriksaan Anies di KPK, Novel Baswedan Tegaskan Hal Ini

Novel mengatakan apabila benar dirinya melindungi Anies maka hal tersebut sudah diketahui oleh penyidik KPK lainnya.

23 September 2021 12:19 WIB

Novel Baswedan
Novel Baswedan Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, Novel Baswedan turut menanggapi pemeriksaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di KPK. Ia menegaskan bahwa dirinya tidak pernah melindungi sepupunya itu dalam kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur.

"Tapi, kalau dikaitkan dengan diri saya, kita paham bahwa di KPK harusnya orang-orang berintegritas. Ketika kemudian ada yang mengatakan saya bisa mengatur semuanya, artinya orang itu ingin mengatakan bahwa di KPK orang enggak berintegritas, saya kira dia salah," ujar Novel dalam program Mata Najwa, Rabu (22/9/2021).

Novel mengatakan bahwa siapapun yang dinilai mengetahui suatu informasi terkait kasus yang tengah ditangani KPK, maka orang yang bersangkutan bisa diperiksa. Ia pun menegaskan bahwa kinerja di KPK tidak bisa diintervensi.


Dibuat Ngakak, Roy Suryo Anggap Tudingan Giring ke Anies Tak Bermutu

"Kedua, di KPK itu ada pembagian tugas, di penyidikan pun ada bagian-bagiannya sendiri yang masing-masing tidak mengetahui kasus yang ditangani yang lain. Di KPK tidak biasa dengan intervensi seperti itu," sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan apabila benar dirinya melindungi Anies maka hal tersebut sudah diketahui oleh penyidik KPK lainnya.

"Kalau seandainya di KPK enggak diperiksa, tapi kan di sidang akan dilihat, orang semua akan tahu karena sidang terbuka. Jadi, kalau seandainya ada yang ingin menutupi di proses penyidikan dengan cara-cara seperti itu, percuma di penyidikan akan terbuka. Semuanya jelas," tegasnya.

 

Sebut Tudingan Giring Berpotensi Pidana, PKS: Pencemaran Nama Baik Kalau Memang Dilaporkan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati