logo


Nadiem Bakal Basmi 3 Hal dari Sistem Pendidikan Nasional, Apa Saja?

Tiga hal itu adalah intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

23 September 2021 07:00 WIB

Nadiem Makarim
Nadiem Makarim Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mendikbudristek Nadiem Makarim menekankan pihaknya bakal membasmi tiga dosa dalam sistem pendidikan nasional, yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

"Jadi biar diperjelas saja posisinya Kemendikbudristek dan pemerintah pusat terhadap tiga dosa ini. Ini adalah tiga hal yang akan kita basmi dari sistem pendidikan kita," tegasnya, dikutip dari Antara, Kamis (23/9).

Upaya pembasmian intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual ini bakal dijalankan lewat program Merdeka Belajar. Program tersebut salah satunya mengedepankan pendidikan karakter.


Pelajar Dikeluarkan dari Sekolah Gegara Hina Palestina, Denny Siregar: Yang Hina Polisi Saja Ditegur Terus Dimaafkan

Nadiem menyadari pentingnya nilai-nilai Pancasila agar bisa diakses melalui sekolah. Selain itu, perubahan sistem Ujian Nasional menjadi Asesmen Nasional diharapkan dapat mengukur peta mutu pendidikan.

"Lebih penting lagi bahkan ada survei karakter dan ada survei lingkungan belajar. Dari survei-survei ini, kita melihat, mengakses nilai-nilai Pancasila yang ada yaitu nilai kebhinekaan, toleransi, keamanan dalam lingkungan sekolah,” kata dia.

“Dari situlah kita akan mengukur peta mutu pendidikan di Indonesia tidak hanya berbasis pada kemajuan kognitif," lanjut Nadiem.

Sekum Muhammadiyah Bicara Menteri Elitis, NasDem Singgung Kebijakan Nadiem yang Kontroversi

Halaman: 
Penulis : Iskandar