logo


Xi Jinping: China Tidak Akan Pernah Menginvasi atau Mem-Bully Negara Lain

Berpidato dalam sidang Majelis Umum PBB, Presiden China menekankan pentingnya memperkuat kerjasama internasional yang saling menguntungkan dan menjaga perdamaian global

22 September 2021 21:05 WIB

Presiden China Xi Jinping
Presiden China Xi Jinping istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Presiden China, Xi Jinping, pada Selasa (21/9) mengatakan bahwa negaranya tidak akan pernah "mencari hegemoni" dengan menyerang negara lain. Ia menekankan bahwa China selalu berupaya menjadi salah satu pihak pembangun perdamaian dunia, kontributor perkembangan global, pembela tatanan internasional dan penyedia barang kebutuhan masyarakat dunia.

"China (selama ini) tidak pernah dan tidak akan pernah menginvasi atau mem-bully negara lain, atau pun mencari hegemoni," kata Xi Jinping dalam pidatonya pada Sidang Majelis Umum PBB yang digelar secara virtual.

Ia menambahkan bahwa dalam interaksi internasional, semua pihak harus memperkuat solidaritas dan mendukung kerja sama yang saling menguntungkan.


Pakistan Ingin Bantu Latih Pasukan Keamanan Afghanistan

Pada kesempatan tersebut, Xi Jinping juga berkomentar mengenai perkembangan situasi geo-politik global belakangan ini, salah satunya terkait penarikan pasukan militer AS dan NATO dari Afghanistan dan kembalinya kekuasaan Taliban di negara tersebut.

Menurutnya, apa yang terjadi di Afghanistan merupakan bukti bahwa intervensi militer dari luar negeri dan transformasi demokrasi yang dipaksakan terhadap sebuah negara hanya menyebabkan sebuah kehancuran.

"Kita perlu mengadvokasi perdamaian, pembangunan, kesetaraan, keadilan, demokrasi, dan kebebasan, yang merupakan nilai-nilai umum kemanusiaan, dan menolak praktik membentuk lingkaran kecil atau zero-sum game," kata Xi.

 

Erdogan Pidato soal Semenanjung Krimea dalam Sidang PBB, Begini Tanggapan Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia