logo


Percobaan Pembunuhan Penasihat Presiden Ukraina, Ulah Rusia?

Pemerintah Ukraina curiga jika upaya pembunuhan terhadap penasihat kepresidenan, Serhiy Shefir, dilakukan oleh Rusia

22 September 2021 19:08 WIB

Mobil yang ditumpangi penasihat kepresidenan Ukraina ditembak oleh orang tak dikenal pada Rabu (22/9)
Mobil yang ditumpangi penasihat kepresidenan Ukraina ditembak oleh orang tak dikenal pada Rabu (22/9) Reuters

KIEV, JITUNEWS.COM - Politisi Senior Ukraina, Oleksandr Korniienko, pada Rabu (22/9), menuding Rusia terlibat dalam percobaan pembunuhan salah satu penasihat kepresidenan Ukraina, Serhiy Shefir.

"Jejak Rusia seharusnya tidak boleh dikesampingkan sepenuhnya. Kami tahu kemampuan mereka untuk mengatur serangan teroris di berbagai negara," kata Korniienko kepada wartawan.

Sebelumnya, pada Rabu pagi mobil yang membawa penasihat kepresidenan Ukraina, Serhiy Shefir, ditembaki oleh orang tak dikenal. Meski tidak memakan korban jiwa, namun sopir pribadi Shefir terluka di bagian kaki.


Tak Lagi Anggap AS sebagai Ancaman, Militer Iran: Rezim Zionis Bukan Lagi Tandingan Kami

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan bahwa dia tidak tahu siapa yang berada di balik upaya pembunuhan penasihat utamanya tersebut.

"Siapa di balik ini, sejujurnya, saya tidak tahu. Kekuatan apa ini? Bisa internal, mungkin eksternal. Mengatakan 'halo' kepada saya dengan tembakan dari hutan ke mobil teman saya adalah kelemahannya," kata Zelenskiy dalam sebuah siaran televisi.

Di sisi lain, juru bicara Kremlin, Dmitri Peskov, membantah jika Rusia terlibat dalam percobaan pembunuhan Serhiy Shefir.

Senada dengan pernyataan Peskov, salah satu pejabat parlemen Rusia, Konstantin Kosachev, mengatakan: "Fakta bahwa politisi Ukraina mulai mencari 'jejak Rusia' dalam insiden itu sebelum asap dari peluru yang ditembakkan telah hilang menunjukkan secara eksklusif kualitas politik Ukraina, rendah dan sinis".

Ingin Ikut Sidang Majelis Umum PBB, Taliban Surati Sekjend PBB

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia