logo


Australia Desak Uni Eropa Lanjutkan Negosiasi Kerja Sama Perdagangan Bebas

Menteri Perdagangan Australia mengatakan jika kerja sama perdagangan bebas Australia-Uni Eropa akan memungkinkan negara-negara Eropa meningkatkan peran dan pengaruhnya di kawasan Asia Pasifik.

22 September 2021 15:44 WIB

Bendera Uni Eropa
Bendera Uni Eropa istimewa

CANBERRA, JITUNEWS.COM - Menteri Perdagangan Australia, Dan Tehan, pada Rabu (22/9) mengatakan jika kesepakatan perdagangan bebas Australia-Uni Eropa tidak hanya membuat kedua belah pihak diuntungkan secara perekonomian saja, namun juga memungkinkan negara-negara Uni Eropa untuk meningkatkan peran di wilayah Indo-Pasifik.

Untuk diketahui, pemerintah Australia saat ini tengah berupaya memperbaiki hubungan bilateral mereka dengan Perancis setelah Canberra secara sepihak membatalkan rencana pembelian kapal selam dari Paris. Pembatalan kontrak yang ditaksir senilai USD 40 Miliar tersebut membuat pemerintah Perancis kecewa dan memutuskan menarik duta besarnya dari Australia.

Menanggapi hal itu, Menteri Perdagangan Australia langsung mendesak Uni Eropa untuk melanjutkan proses negosiasi yang sejauh ini sudah berjalan 11 putaran tersebut.


Donald Trump Khawatir Krisis Imigran Ilegal Bisa Bikin AS Jadi Negara Miskin

"FTA (Perjanjian Perdagangan Bebas) Australia-Uni Eropa adalah kepentingan terbaik semua pihak," kata Tehan dalam pidatonya di Canberra, dikutip Reuters.

"Uni Eropa akan menggunakannya sebagai cara untuk memperkuat keterlibatannya dengan Indo-Pasifik karena mereka menyadari bahwa kawasan itu membawa beban ekonomi dunia," tambahnya.

Menurut jadwal, Australia dan UE akan mengadakan putaran pembicaraan berikutnya tentang kesepakatan perdagangan tersebut pada 12 Oktober mendatang.

Sebelumnya, Sebagai bentuk dukungan terhadap Perancis, yang merupakan salah satu negara anggotanya, sejumlah pejabat Uni Eropa juga menyebut jika masalah pembatalan kontrak kapal selam tersebut kemungkinan bisa berdampak terhadap proses negosiasi perjanjian perdagangan bebas Canberra-Brussels.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Presiden Dewan Eropa, Charles Michel kepada Perdana Menteri Australia dalam sebuah pertemuan bilateral yang digelar di New York pada Selasa (21/9).

"Bagi kami, transparansi dan kesetiaan adalah prinsip fundamental dalam membangun kerja sama dan aliansi yang lebih kuat," kata Charles Michel.

Polemik Kapal Selam Nuklir, Kerja Sama Perdagangan Bebas Aussie-Uni Eropa Terancam Gagal

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia