logo


Puluhan Siswa Terpapar Covid-19, PDIP: Sekolah dan Daerah Jangan Memaksakan Diri Kalau Belum Siap

PDIP menyebut klaster sekolah nyata terjadi

22 September 2021 10:00 WIB

Anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo
Anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo jitunews/Khairulanwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - 90 siswa SMP Negeri 4 Mrebet Purbalingga, Jawa Tengah, terpapar Covid-19. Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDIP, Rahmad Handoyo, mengatakan bahwa hal itu perlu menjadi perhatian bersama.

"Ini harus jadi perhatian bersama, bahwa klaster sekolah Indonesia kan sudah menjadi perhatian WHO, artinya apa bahwa kita harus hati-hati, harus waspada bahwa klaster sekolah di kita itu nyata, perlu perhatian dan dampak di lapangan kan sudah ada," ujar Rahmad Handoyo kepada wartawan, Selasa (21/9).

Menurutnya, perlu ada konsolidasi secara menyeluruh terkait kesiapan pembelajaran tatap muka.


Penanganan Covid-19 RI Dipuji Bank Dunia, Denny Siregar Sentil AHY

"Maka perlu konsolidasi secara menyeluruh terhadap kesiapan tatap muka semuanya, meskipun pemerintah memberikan lampu hijau, tapi lampu hijau itu harus disikapi di lapangan dengan persiapan yang matang," kata Handoyo.

"Ntah itu dari sisi kesiapan, jumlah peserta didik yang maksimal boleh hadir, seyogyanya itu di ujicoba dulu, apakah bergantian, tapi ketika masuk dalam satu minggu itu bisa jadi sehari atau dua hari bimbingan guru, teknisnya di rumah belajar apa itu yang harus disiapkan," sambungnya.

Handoyo mengatakan bahwa fungsi pengawasan dan kontrol harus ketat.

"Bagaimana fungsi pengawasan dan kontrol di lapangan harus taat dan ketat, misalnya para guru betul-betul mengawasi pelaksanaan jangan sampai anak berkerumun, protokol kesehatan," katanya.

Handoyo meminta pihak sekolah dan pemerintah daerah untuk tidak memaksakan diri menerapkan pembelajaran tatap muka.

"Oleh karena itu, kepada sekolah dan daerah jangan memaksakan diri kalau belum siap, kalau sudah siap baru ujicoba, kalau berhasil baru tambah siswanya," kata Hadoyo.

Soal Sanksi PDIP, Pakar Sarankan Ganjar Pranowo Deklarasikan Maju Tidaknya ke Pilpres 2024

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata