logo


Donald Trump Khawatir Krisis Imigran Ilegal Bisa Bikin AS Jadi Negara Miskin

Mantan presiden AS Donald Trump memperingatkan jika krisis imigran ilegal yang tidak ditangani dengan baik bisa membuat AS nantinya dianggap sebagai negara Dunia Ketiga atau negara miskin

21 September 2021 20:30 WIB

Donald Trump
Donald Trump istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan jika negaranya bisa mengalami penurunan status, menjadi negara dunia ketiga atau negara miskin, jika pemerintahan Joe Biden tidak menangani situasi krisis imigran ilegal di wilayah Texas dengan baik.

“Amerika Serikat akan segera dianggap sebagai negara Dunia Ketiga. Belum pernah ada hal seperti itu yang terjadi di perbatasan kita. Jutaan orang telah masuk, tetapi lebih dari itu masih akan datang," kata Trump dalam sebuah pernyataan yang dirilis Senin (20/9) malam, dilansir Sputniknews.

Trump juga menyebut banyak dari imigran ilegal yang mencoba masuk ke dalam wilayah AS tersebut merupakan para penjahat, seperti pembunuh dan pengedar narkoba, yang datang dari berbagai negara, termasuk Amerika Selatan, Haiti dan negara-negara Afrika.


Imbangi Kekuatan Tempur China, Filipina Dukung Australia Dapatkan Kapal Selam Nuklir

"Mereka membawa obat-obatan terlarang, mereka membawa tindak kejahatan. Mereka adalah para pemerkosa, meski beberapa diantaranya ada juga orang-orang yang baik," tambah Trump.

Pernyataan Trump tersebut terlontar ditengah meningkatnya krisis imigran ilegal di wilayah negara bagian Texas, dengan ditemukannya ribuan imigran ilegal di bawah jembatan Sungai Del Rio, sebuah titik penyeberangan di perbatasan AS-Meksiko.

Sebagian besar dari para imigran tersebut merupakan warga negara Haiti yang berharap dapat menyeberang ke dalam wlayah AS dan mendapatkan suaka dari pemerintahan Joe Biden, menyusul bencana gempa bumi yang mengguncang negara asalnya dan insiden pembunuhan Presiden Jovenel Moise oleh sejumlah tentara bayaran yang terjadi pada Juli lalu.

Uni Eropa Kecewa Berat Tak Diajak Gabung Aliansi AUKUS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia