logo


Cegah Eksodus Besar-Besaran dari Afghanistan, PBB Minta Komunitas Internasional Dukung Pemerintahan Taliban

PBB mengaku sangat khawatir akan terjadinya gelombang pengungsian besar-besaran dari Afghanistan jika situasi perekonomian dan politik di negara tak kunjung membaik

21 September 2021 17:00 WIB

Ilustrasi Warga Sipil Afghanistan
Ilustrasi Warga Sipil Afghanistan Russia Today

JENEWA, JITUNEWS.COM - Komisaris Tinggi PBB Bidang Pengungsian, Filippo Grandi, mengatakan bahwa masyarakat internasional harus menghindari runtuhnya Afghanistan untuk mencegah eksodus massal pengungsi dari negara tersebut.

“Jika negara itu meledak, maka ya (terjadi eksodus besar-besaran),” kata Grandi ketika ditanya apakah PBB mengharapkan para pengungsi mulai melarikan diri dari Afghanistan. “Itulah mengapa kita harus menghindari ledakan itu.”

Dalam sebuah wawancara dengan Associated Press yang dilakukan pada pekan lalu, Grandi mengatakan komunitas global perlu memberikan dukungan bagi pemerintahan yang dipimpin oleh Taliban untuk menjaga situasi di Afghanistan tetap “stabil”.


Hindari Perang Dingin Baru, PBB Desak AS dan China Segera Perbaiki Hubungan

Seperti diketahui, perekonomian di Afghanistan kini mengalami krisis dan diambang keruntuhan usai pengambil-alihan pemerintahan yang dilakukan oleh Taliban pada 15 Agustus lalu membuat bantuan internasional untuk rakyat Afghanistan terhenti. Selain itu, sejumlah pihak, termasuk AS dan IMF, juga membekukan aset milik pemerintah Afghanistan karena tidak ingin aset tersebut jatuh ke tangan kelompok militan tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan Sputniknews pekan lalu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres sudah mengatakan sangat penting untuk menciptakan mekanisme untuk menyuntikkan uang tunai ke dalam ekonomi Afghanistan untuk menghindari keruntuhannya dan arus keluar besar-besaran pengungsi yang dapat mengacaukan seluruh kawasan.

Gelombang Imigran Ilegal ke AS Meningkat, Gubernur Texas Desak Joe Biden Umumkan Situasi Darurat

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia