logo


Minta Pemilihan Calon Panglima TNI Tak Berdasar Politik Sempit, Puan: Politik TNI Adalah Politik Negara!

Puan berharap agar calon panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto adalah sosok yang dibutuhkan oleh rakyat

21 September 2021 05:32 WIB

Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR Puan Maharani meminta pemilihan calon panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto tidak berdasarkan kepentingan politik sempit. Menurutnya, pemilihan calon panglima TNI harus dilihat berdasarkan kepentingan organisasi TNI. Pasalnya, kata dia, Politik TNI adalah bagian dari politik negara.

"Bukan didasarkan kepentingan politik sempit, karena politik TNI adalah politik negara," kata Puan kepada wartawan, Senin (20/9/2021).

Puan berharap agar calon panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto adalah sosok yang dibutuhkan oleh rakyat. Ia mengatakan bahwa kedepannya tantangan panglima TNI akan semakin besar, terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19, ancaman serangan dari militer asing, hingga keamanan di Papua.


JoMan: Kalau Jokowi Mengaminkan Gagasan 3 Periode, Lawannya Kita

"Kita berharap Panglima TNI ke depan melaksanakan kebijakan pertahanan negara untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut, Puan meyakini bahwa Presiden Joko Widodo akan segera mengirimkan nama-nama calon panglima TNI dalam waktu dekat. Ia mengatakan demikian, mengingat sebentar lagi DPR akan memasuki masa reses.

"Sesuai UU, DPR akan menyampaikan persetujuan paling lambat 20 hari setelah supres diterima," pungkasnya.

Soal Calon Panglima TNI Baru, Puan Yakin Supres Akan Segera Dikirimkan ke DPR

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati