logo


5 Fitur Fungsional yang Dimiliki Situs Pajak Online

Hadirnya situs pajak online yang menawarkan banyak fitur fungsional untuk mendukung aktivitas para wajib pajak

20 September 2021 17:23 WIB

Ilustarasi.
Ilustarasi. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perkembangan teknologi masa kini telah menyediakan berbagai kemudahan bagi masyarakat. Begitu pula dengan hadirnya situs pajak online yang menawarkan banyak fitur fungsional untuk mendukung aktivitas para wajib pajak. Berikut adalah 5 fitur yang bisa dinikmati ketika menggunakan situs pajak online dalam mengelola kegiatan perpajakan Anda.

1. Faktur Pajak

Fitur pertama yang umumnya dimiliki oleh situs pajak online adalah faktur pajak. Faktur sendiri adalah dokumen komersial yang memuat rincian transaksi antara pembeli dan penjual. Transaksi tersebut termasuk pembelian secara tunai maupun kredit. Biasanya pada transaksi pembelian yang dilakukan secara kredit, faktur juga akan dilengkapi dengan rincian ketentuan kesepakatan serta informasi mengenai metode pembayaran yang tersedia.


Ciri-ciri Software Payroll Indonesia Terbaik

Keberadaan fitur faktur pajak pada situs pajak online pada dasarnya bertujuan untuk memudahkan Anda dalam membuat dan mengelola faktur pajak masukan. Tak hanya itu, faktur keluaran hingga retur juga bisa dilakukan secara online melalui situs pajak. Fitur faktur pajak umumnya juga dilengkapi dokumen Pemberitahuan Impor Barang (PIB) dan juga perhitungan PPN otomatis yang sangat memudahkan penggunanya.

Berbagai manfaat tersebut membuat Anda tidak perlu lagi melakukan pengisian data faktur pajak dan PIB masukan secara manual. Fitur faktur pajak juga memudahkan penggunanya dalam mengirim faktur keluaran secara otomatis kepada lawan transaksi. Untuk mempercepat proses transaksi, faktur keluaran bisa di duplikat atau bulk download dengan mudah.

2. Bayar Pajak

Selain fitur faktur pajak, situs pajak online juga menyediakan fitur bayar pajak. Seperti namanya, fitur ini berguna untuk memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran semua tipe pajak. Bukti pembayaran pajak (BPN) serta Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) akan tersimpan dengan aman secara online. Sehingga, Anda bisa memeriksa bukti pembayaran pajak sewaktu-waktu apabila dibutuhkan tanpa khawatir hilang.

Situs pajak online umumnya bisa digunakan untuk membayar pajak pribadi maupun pajak badan. Arsip pajak juga akan terintegrasi secara online, sehingga riwayat pembayaran pajak bisa diperiksa dengan mudah. Fitur bayar pajak biasanya menawarkan berbagai pilihan metode pembayaran. Selain memungkinkan pembayaran yang lebih cepat, Anda juga bisa mendapatkan verifikasi secara otomatis menggunakan fitur tersebut.

Hal yang paling penting adalah pastikan untuk mengakses situs pajak online yang menjadi mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak). Sehingga, Anda bisa mendapatkan ID Billing dan Surat Setoran Elektronik (SSE) yang diterbitkan resmi dari Ditjen Pajak. Berbagai jenis pajak yang dapat dibayarkan melalui situs pajak online, antara lain Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPH).

3. Lapor Pajak

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan melalui situs pajak online adalah kemudahan dalam pelaporan pajak. Umumnya situs pajak akan menyediakan fitur lapor pajak untuk berbagai jenis pajak. Anda bisa melakukan pelaporan SPT Tahunan PPh Badan secara online hanya dengan mengupload berkas yang dibutuhkan dan memposting SPT dengan mudah melalui situs tersebut.

Cukup dengan satu platform, Anda bisa melakukan pembayaran sekaligus pelaporan secara online. Tentu hal ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai kinerja praktis. Melalui situs pajak online mitra resmi Ditjen Pajak, Anda akan menerima bukti pembayaran elektronik serta posting SPT pajak secara resmi. Fitur lapor pajak pada situs online biasanya hadir secara terintegrasi, sehingga semua riwayat pajak akan tercatat dan tersimpan secara aman.

Semua jenis pajak biasanya bisa dilaporkan melalui situs pajak, baik untuk pelaporan SPT Tahunan maupun SPT Masa. Pelaporan pajak ini juga bisa digunakan bagi wajib pajak pribadi dan wajib pajak badan. Anda juga bisa melakukan pembetulan apabila dibutuhkan. Seluruh Bukti Pelaporan Elektronik (BPE) dan Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE) akan tersimpan dan bisa diunduh kapan saja.

4. Bukti Potong

Salah satu kesulitan yang kerap dialami para wajib pajak adalah pengelolaan bukti potong pajak. Apalagi bagi wajib pajak badan yang tentunya memiliki banyak aspek lain untuk dikelola. Tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan situs pajak online untuk mengelolanya. Situs pajak biasanya dilengkapi dengan fitur bukti potong yang mampu mengelola dan mengirim bukti potong pajak dengan mudah.

Keberadaan fitur ini sangat membantu berbagai badan usaha untuk menghemat waktu dan tenaga dalam mengelola bukti potong pajak. Anda juga bisa langsung mengirim bukti potong pajak langsung kepada lawan transaksi, sehingga pekerjaan menjadi lebih praktis dan mudah. Berbagai situs pajak dengan fitur bukti potong juga telah menghadirkan fitur tanda tangan elektronik yang telah terhubung, sehingga Anda tidak kesulitan dalam membubuhkan tanda tangan.

Fitur ini menghadirkan kemudahan pula dalam membuat dan melaporkan bukti potong. Biasanya para wajib pajak hanya perlu melengkapi berbagai dokumen yang dibutuhkan, seperti sertifikat elektronik, e-mail, serta informasi penandatangan. Cukup dengan sekali input, Anda bisa langsung melakukan transaksi bukti potong di mana saja dan kapan saja secara praktis.

5. Arsip

Kerap disepelekan, arsip adalah salah satu hal yang penting dalam perpajakan. Dengan menggunakan situs pajak online, aktivitas perpajakan bisa dilakukan secara terpusat. Data yang diperoleh pun akan terintegrasi, sehingga berbagai dokumen perpajakan akan tersimpan dalam arsip. Fitur arsip pajak yang tersedia pada situs pajak memberikan kemudahan bagi Anda untuk menelusuri dokumen perpajakan dengan mudah.

Anda bisa menyortir berbagai dokumen sesuai dengan jenis serta masa pajak yang diinginkan. Status pembayaran pajak juga tersimpan dan lebih mudah dipantau serta dilaporkan dengan adanya fitur ini. Setiap bukti lapor (NTEE) dari pajak yang telah dilaporkan oleh para wajib pajak akan tersimpan dengan apik dan rapi. Anda juga dapat melakukan pembetulan dengan mudah yang akan langsung terupdate secara otomatis.

Berbicara mengenai pengarsipan dokumen pajak, salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh situs pajak adalah jaminan keamanan. Tak perlu khawatir, kini banyak situs pajak online yang telah dilengkapi dengan jaminan keamanan data. Sehingga, kerahasiaan data pajak Anda akan terjaga dengan baik. Dokumen aktivitas pajak juga akan tersimpan dan tidak tercecer, sehingga memudahkan Anda dalam mengaksesnya sewaktu-waktu.

Situs Pajak Online Resmi dari Ditjen Pajak

Beragam fitur fungsional yang tersedia dalam situs pajak online tentu membuat banyak orang memilih untuk beralih menggunakan situs online tersebut. Pasalnya, fitur-fitur yang ada akan memudahkan para wajib pajak dalam melakukan aktivitas pajak, baik pembayaran, pelaporan, serta pengelolaan. Berbicara mengenai situs pajak online, pastikan untuk menggunakan situs resmi dari Ditjen Pajak.

Bagi para wajib pajak di Indonesia yang bingung mencari situs pajak online resmi dari Ditjen Pajak, Klikpajak adalah jawabannya. Sesuai dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pajak Nomor: KEP-169/PJ/2018, Klikpajak adalah penyedia layanan aplikasi pajak yang merupakan mitra resmi dari Ditjen Pajak Indonesia. Sehingga, setiap aktivitas pajak yang Anda lakukan melalui situs ini akan terintegrasi secara langsung dan resmi.

Klikpajak merupakan layanan aplikasi yang dikembangkan oleh Mekari dan diluncurkan pada tahun 2019 silam. Kehadiran Klikpajak sendiri bertujuan untuk memberikan solusi bagi para wajib pajak agar dapat melakukan aktivitas perpajakan secara mudah, aman dan terintegrasi. Berbagai fitur yang disediakan oleh situs pajak ini, antara lain:

1. e-Faktur

Fitur pertama yang disediakan oleh Klikpajak adalah e-Faktur, yaitu layanan faktur pajak elektronik yang memudahkan wajib pajak untuk membuat faktur pajak dalam format yang seragam. Fitur yang disediakan oleh Ditjen Pajak ini sangat berguna bagi para wajib pajak badan dalam mengelola fakturnya. Layanan e-Faktur ini telah dilengkapi dengan fitur otomasi serta prepopulated Faktur Pajak Masukan.

Keberadaan fitur ini memungkinkan para wajib pajak untuk mengelola kode NSFP (Nomor Seri Faktur Pajak) secara langsung dan praktis. Tak hanya mengelola Faktur Pajak Masukan, Anda juga bisa mengirimkan Faktur Pajak Keluaran kepada lawan transaksi dengan mudah. Fitur ini dapat mengirimkan faktur ke lawan transaksi secara langsung dan otomatis tanpa perlu dicetak.

2. e-Billing

Klikpajak memiliki fitur e-Billing yang merupakan layanan pembayaran pajak secara online dengan membuat ID billing pajak melalui SSE pajak resmi. Sebagai mitra dari Ditjen Pajak, aplikasi ini akan menerbitkan ID Billing resmi bagi wajib pajak yang berlaku untuk semua jenis KAP dan KJS. Sehingga, Anda bisa melakukan pembayaran untuk semua tipe pajak dengan mudah melalui fitur e-Billing.

Tak perlu diragukan lagi, Klikpajak memberikan ID Billing dan bukti bayar yang sah untuk semua jenis pajak, baik pajak pribadi maupun badan. Fitur e-Billing ini juga menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran yang bisa disesuaikan dengan preferensi wajib pajak. Proses pembayaran pun menjadi lebih cepat dengan verifikasi otomatis. Setiap riwayat aktivitas pajak akan tersimpan dengan aman pada arsip.

3. e-Filing

Fitur fungsional berikutnya yang dimiliki oleh situs pajak online Klikpajak adalah e-Filing. Melalui e-Filing, Anda bisa melakukan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) pajak secara online. Selain itu, proses pelaporan juga dilakukan secara real time dan tentunya resmi. Tak hanya untuk melapor SPT pribadi, fitur ini juga bisa digunakan untuk melakukan lapor SPT Masa/Tahunan wajib pajak badan.

Agar bisa melakukan pelaporan SPT melalui e-Filing, pastikan Anda telah memiliki Electronic Filing Identification Number (EFIN). EFIN ini bisa didapatkan melalui kantor pajak terdekat di kota Anda. Selain EFIN, Anda juga membutuhkan NPWP valid, formulir SPT, formulir CSV pajak yang dilaporkan, dan akun Klikpajak.

4. e-Bupot

Salah satu fitur fungsional lain yang dimiliki oleh Klikpajak adalah e-Bupot. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk membuat dan lapor bukti potong pajak dengan mudah. Mengadopsi teknologi cloud, layanan ini mampu mengelola bukti potong pajak lebih banyak. Tentunya fitur ini sangat berguna bagi wajib pajak badan yang memiliki banyak aspek untuk dikelola.

Anda bisa mengirim bukti potong pajak langsung ke lawan transaksi segera setelah divalidasi oleh Ditjen Pajak. Untuk membuat dan melaporkan bukti potong, Anda perlu melengkapi beberapa dokumen terlebih dahulu. Layanan e-Bupot telah dilengkapi dengan fitur tanda elektronik yang terhubung dengan aplikasi akuntansi online.

5. Arsip Pajak

Situs pajak online Klikpajak telah dilengkapi dengan fitur arsip pajak untuk menyimpan dan mengelola data aktivitas perpajakan Anda. Semua aktivitas perpajakan akan terintegrasi secara terpusat, sehingga memudahkan penggunanya dalam menelusuri file aktivitas pajak sebelumnya. Tak hanya tersimpan dengan rapi, Klikpajak juga telah mengantongi sertifikat ISO 270001 yang menjamin keamanan dan kerahasiaan data penggunanya.

Demikianlah informasi mengenai beragam fitur yang tersedia dalam situs pajak online. Saatnya untuk beralih menggunakan situs pajak online di KlikPajak dalam mengelola aktivitas perpajakan Anda untuk kemudahan yang pasti.

Brand Imaji Siap Ambil Bagian dalam Perkembangan Aplikasi di Indonesia

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata