logo


Bamsoet Singgung Aktivis HAM soal Kekerasan KKB Papua, Demokrat: Lha Negara ke Mana?

Negaranya aja enggak hadir.

20 September 2021 07:57 WIB

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dok jitunews/khairul anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Politisi Partai Demokrat, Cipta Panca Laksana merespons sikap Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang mempertanyakan perhatian aktivis HAM atas insiden pembunuhan tenaga kesehatan oleh KKB Papua.

Panca heran Bamsoet justru lebih mendesak aktivis HAM ketimbang pemerintah soal kekerasan KKB Papua. Menurutnya, insiden penyerangan KKB terhadap warga sipil seharusnya segera ditindaklanjuti oleh negara untuk mencegah jatuhnya banyak korban.

“Lha, negara kemana? Bamsoet kok nyariin altivis HAM. Negaranya aja ngga hadir. Kebalik-balik pejabat negara komennya sekarang,” sindirnya lewat akun Twitter @panca66, dikutip Senin (20/9).


Kritisi Anies, Ferdinand Sebut Tugu Sepatu Bikin Jakarta Tampak Kumuh

Sebelumnya, Bamsoet menilai para pegiat HAM dan demokrasi di Indonesia cenderung bungkam mengenai peristiwa penyerangan KKB Papua terhadap warga sipil.

"Mana suaranya para aktivis HAM dan aktivis perempuan? Kenapa ketika saudara sebangsanya di bunuh dan diperkosa secara brutal, mereka diam? Namun ketika aparat negara menumpas para pelaku (KKB di Papua), mereka teriak soal HAM?," ujar Bamsoet, dikutip dari Antara.

Bamsoet menilai sepak terjang KKB Papua sejauh ini sudah mengancam keselamatan warga sipil. Oleh karena itu, dia mendukung penuh TNI-Polri untuk menumpas habis kelompok tersebut.

"Sekali lagi saya tegaskan, sikat habis (KKB di Papua), urusan HAM kita bicarakan kemudian, jangan ragu bertindak hanya karena persoalan HAM. Utamakan keselamatan rakyat Indonesia," tegasnya.

Sentil Veronica Koman, Ferdinand: Semoga Kelak Jadi Bidadari bagi Teroris di Surga Mereka

Halaman: 
Penulis : Iskandar