logo


Xi Jinping Minta Negara SCO Lawan Intervensi Pihak Asing dalam Urusan Internal Mereka

Permintaan tersebut disampaikan setelah AS dan Australia berencana memperkuat hubungan dengan Taiwan

18 September 2021 16:00 WIB

Presiden China Xi Jinping
Presiden China Xi Jinping istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Presiden China, Xi Jinping, meminta negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO), untuk melawan upaya intervensi pihak asing dalam urusan internal mereka, terlebih setelah Amerika Serikat dan Australia mengeluarkan sinyal kesiapan mereka dalam memperkuat hubungan diplomatik dengan Taiwan.

Hal itu ia sampaikan dalam KTT SCO yang digelar secara virtual dari Tajikistan pada Jumat (17/9).

Seperti diketahui, AS dan banyak negara lainnya, hingga saat ini masih belum mengakui Taiwan sebagai sebuah negara merdeka dimana Taipei masih menjadi bagian dari kebijakan "Satu China". Meski demikian, AS tetap menjalin hubungan secara tidak formal dengan Taiwan dan bahkan belakangan ini semakin meningkatkan kerjasama di berbagai bidang, khususnya pertahanan.


Israel Siap Dukung AS Kembali Masuk ke Perjanjian Nuklir jika...

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, di hari yang sama mengatakan kepada awak media jika AS dan Australia telah "dengan sengaja mendiskreditkan Tiongkok, mencampuri urusan dalam negeri RRC [Republik Rakyat Tiongkok], dan menciptakan provokasi dalam hubungan antar negara-negara kawasan" demi kepentingan geopolitiknya.

"Dalam hal ini, Tiongkok mengungkapkan ketidakpuasannya yang kuat dan oposisi yang tegas," ungkap Zhao.

Zhao,menambahkan bahwa Australia dan AS harus menghormati kehendak rakyat di negara-negara Asia-Pasifik dengan meninggalkan "mentalitas Perang Dingin" mereka terhadap China, dan secara objektif menilai perkembangan China, serta berhenti mencampuri urusan dalam negerinya, yang mana tindakan AS tersebut mengakibatkan situasi di kawasan Asia-Pasifik memanas.

Serangan Sabotase, Pasokan Listrik Ibukota Suriah Terputus

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia