logo


Vladimir Putin Desak AS dan NATO Gelontorkan Uang untuk Bangun Kembali Afghanistan

Presiden Rusia, Vladimir Putin meminta AS dan NATO untuk bertanggung jawab atas invasi selama dua dekade mereka yang menghancurkan Afghanistan

17 September 2021 20:30 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin reuters

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Presiden Rusia, Vladimir Putin, meminta Amerika Serikat dan negara-negara barat anggota NATO harus bertanggung jawab membangun kembali Afghanistan yang hancur karena 20 tahun invasi mereka.

“Kami melanjutkan dari fakta bahwa sebagian besar biaya untuk rekonstruksi pasca-konflik Afghanistan harus ditanggung oleh Amerika Serikat dan negara-negara NATO, yang – ini adalah poin yang jelas – secara langsung bertanggung jawab atas konsekuensi mengerikan dari jangka panjang mereka. kehadiran di negara itu," kata Vladimir Putin dalam pertemuan puncak bersama Organisasi Kerjasama Shanghai-Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif yang digelar pada Jumat (17/9), dilansir Sputniknews.

Presiden Rusia itu juga mencatat bahwa AS dan negara-negara lain harus bekerja sama mengenai pencairan aset milik Afghanistan yang secara bertahap.


Gubernur Texas Sebut Joe Biden Justru Permudah Akses Masuk Imigran Ilegal ke AS

Pada kesempatan itu, Putin juga mengakui bahwa pemerintah yang dibentuk oleh gerakan Taliban tidak inklusif. Meski demikian, karena AS dan NATO kini harus bertanggung jawab atas masa depan Afghanistan, negara-negara lain harus bekerja sama dengan mereka.

“Negara ini dalam keadaan kehancuran ekonomi dan sosial yang lengkap. Banyak warga Afghanistan melarikan diri dari tanah air mereka karena putus asa. Kami berharap tidak akan ada eksodus massal, tidak ada eksodus jutaan orang, tetapi ini adalah fakta: banyak orang mencoba untuk meninggalkan negara itu dan pindah ke negara-negara tetangga," tambah Putin.

Australia Dapatkan Teknologi Kapal Selam Nuklir, dari AS, Rusia: Aneh

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia