logo


Gubernur Texas Sebut Joe Biden Justru Permudah Akses Masuk Imigran Ilegal ke AS

Gubernur Texas menilai langkah yang diambil oleh pemerintahan Joe Biden justru membuat imigran ilegal lebih mudah masuk ke AS

17 September 2021 18:30 WIB

Gubernur Texas Greg Abbott
Gubernur Texas Greg Abbott Al Jazeera

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Gubernur Negara Bagian Texas, Greg Abbott, mengungkap bahwa sebenarnya Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan (CBP) AS telah mengkomunikasikan rencana penutupan sebagian wilayah perbatasan AS-Meskiko, dengan otoritas Texas, untuk mencegah masuknya imigran ilegal dari wilayah Amerika Tengah ke AS.

Namun, ia juga mengatakan jika pemerintahan Joe Biden justru mempermudah warga untuk menyeberangi perbatasan AS.

"Enam jam setelah Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS meminta bantuan dari Texas untuk menutup pelabuhan masuk dan mengamankan perbatasan, pemerintahan (Joe) Biden kini telah beralih ke strategi berbeda yang mengabaikan keamanan perbatasan dan malah mempermudah orang untuk menyeberang secara ilegal dan bagi kartel untuk mengeksploitasi perbatasan," kata Abbott dalam siaran persnya, Kamis (16/9).


Tak Becus Tangani Evakuasi Warga Sipil dari Afghanistan, Menlu Belanda Akhirnya Mengundurkan Diri

Sementara itu, Departemen Keamanan Publik Texas dalam pernyataan terpisah mengkonfirmasi jika CBP telah menghubungi pihaknya dan meminta bantuan untuk menutup pelabuhan masuk di sektor Del Rio di perbatasan Texas-Meksiko.

Sejak Oktober lalu, sektor Del Rio menjadi bagian tersibuk kedua untuk penyeberangan ilegal di perbatasan AS-Meksiko, dimana lebih dari 215.000 imigran masuk secara ilegal melalui sektor tersebut. Pada bulan Agustus lalu, otoritas imigrasi AS berhasil menangkap 32.362 migran ilegal di sektor itu.

Data yang dihimpun oleh CBP pada Rabu (15/9) menunjukkan bahwa secara keseluruhan ada 208.887 imigran ilegal yangt telah ditangkap di perbatasan selatan AS pada bulan Agustus, sedikit lebih rendah dibandingkan dengan jumlah imigran yang ditangkap pada bulan Juli yang mencapai 213.534 orang.

Iran Bakal Segera Gabung Organisasi CSO, Bersama China dan Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia