logo


Minta Masa Kampanye Pemilu 2024 Dipersingkat 3 Bulan, DPR: Demi Menghemat Anggaran Negara

semakin lama tahapan penyelenggaraannya, akan semakin besar anggaran negara nantinya yang dihabiskan.

17 September 2021 15:22 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi PDI-Perjuangan, Junimart Girsang meminta agar penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang, digelar secara minimalis sebagai upaya untuk menghemat anggaran yang harus ditanggung negara.

Menurutnya, terkait penyelenggaraan pemilu serentak 2024 yang terdiri dari pemilihan kepala daerah (Pilkada) serta pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan Presiden (Pilpres).

Dia menilai semakin lama tahapan penyelenggaraannya, akan semakin besar anggaran negara nantinya yang dihabiskan.


Singgung Kekalahan Prabowo di Pilpres, Pengamat: Dia Enggak Pernah Ngamuk-ngamuk

"Anggaran penyelenggaraan pemilu ini harus kita perhatikan, karena menyangkut situasi ekonomi sekarang. Sehingga sebaiknya penyelenggaraan tahapan pemilu dibuat minimalis saja. Menyangkut anggaran semakin lama tahapan maka akan semakin tinggi anggaran yang dihabiskan," ujar Junimart dalam siaran pers yang diterima Jitunews.com, Jumat (17/9/2021).

Lebih lanjut, diungkapkan Junimart dalam tahapan pemilu sebaiknya untuk masa kampanye Pilpres dan Pileg penyelenggaraannya dapat dipersingkat menjadi 3 bulan saja. Sedangkan untuk masa Kampanye Pilkada cukup selama 45 hari saja.

"Sebaiknya untuk tahapan pemilu seperti masa kampanye Pilpres dan Pileg, penyelenggaraannya dibatasi cukup selama tiga bulan saja,” kata Junimart.

”Begitu juga dengan Pilkada kampanyenya cukup 45 hari saja, dengan pertimbangan bentuk dukungan kita terhadap Pemerintah dalam menurunkan penyebaran kasus Covid-19," tukasnya.

Bamsoet Dinilai Layak Maju Pilpres 2024, ETOS: Elektabilitasnya Jauh di Atas Airlangga Hartarto

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar