logo


7 Hal yang Sangat Dirindukan dari Malaysia, Siap-siap ke Sana, Yuk!

Jika Anda ingin datang ke Malaysia saat ini kemungkinan akan sulit. Kecuali datang ke sana untuk tujuan medis

17 September 2021 09:39 WIB

Ilustrasi hunian di Kuala Lumpur, Malaysia
Ilustrasi hunian di Kuala Lumpur, Malaysia iStockphoto

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sejak medio 2021, kawasan Asia Tenggara mengalami kenaikan kasus Covid-19 yang cukup parah. Untungnya, kasus terus turun meski beberapa negara seperti Malaysia masih memberlakukan lockdown. Bahkan, persyaratan masuk Malaysia masih ketat dan belum ada relaksasi sama sekali.

Jika Anda ingin datang ke Malaysia saat ini kemungkinan akan sulit. Kecuali datang ke sana untuk tujuan medis. Itu pun harus menggunakan kendaraan charter dan beberapa maskapai atau ferry terpilih. Selebihnya akan ditolak mengingat pandemi di Negeri Jiran masih cukup mengkhawatirkan.

Sembari menunggu bandara dibuka untuk wisatawan umum, tidak ada salahnya untuk mengingat dahulu hal menarik di Malaysia. Misal hal-hal yang dirindukan di bawah ini.


Temukan Spot Scuba Diving Terbaik Indonesia di Blublub.co

  1. Belanja Barang Murah

Bagi mereka yang suka belanja di Malaysia, pandemi ini merupakan salah satu cobaan yang cukup berat. Apalagi mereka belanja untuk tujuan bisnis seperti membuka jasa titip. Tentu hal ini akan sangat dirindukan, mengingat Malaysia memiliki cukup banyak pusat perbelanjaan barang murah.

Salah satunya adalah bukit Bukit Bintang. Kawasan ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang sangat disukai oleh wisatawan lokal maupun dari Indonesia. Segala hal bisa didapatkan mulai dari barang yang bermerek hingga barang yang murah tetapi memiliki kualitas yang baik.

Apabila pandemi sudah selesai, tentu akan banyak lagi wisatawan yang datang ke sini. Mereka akan berburu berbagai barang menarik atau yang menjadi ciri khas dari Malaysia.

  1. Wisata Kuliner Khas Setempat

Malaysia memiliki akulturasi budaya yang cukup tinggi. Berbagai suku dan ras hidup di sana dan saling berdampingan mulai dari Melayu, India, Pakistan, Tionghoa, hingga Thai. Tidak mengherankan jika makanan atau kuliner khas setempat sangat beragam dan memiliki rasa yang enak.

Untuk mereka yang suka sekali melakukan wisata kuliner di Malaysia. Ini akan membuat mereka tidak bisa datang untuk menikmati keunikan dari aneka kuliner yang ada. Mulai dari nasi lemak sampai aneka kuliner hasil asimilasi pasti dirindukan.

  1. Mengunjungi Legoland

Berkunjung ke Malaysia tidak bisa dilepaskan dari taman bermain seperti Legoland. Bagi mereka yang menyukai hiburan berupa theme park, Legoland adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan dengan sempurna.

Belum lagi jika kesana datang bersama anak-anak. Pasti mereka akan suka dan akhirnya rela menghabiskan waktu dari pagi hingga sore hari untuk mencoba aneka wahana.

  1. Wisata Budaya dan Sejarah

Malaysia memiliki banyak sekali tempat yang sangat bersejarah dan memiliki nilai budaya cukup tinggi. Tempat itu menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat ramai setiap harinya, misal Gua Batu.

Sayangnya saat pandemi tiba, tempat itu jadi tidak bisa dikunjungi mengingat lockdown yang diperlakukan cukup panjang. Untuk mereka yang suka perjalanan wisata yang penuh makna, tempat ini pasti sangat dirindukan.

  1. Berkunjung ke Petronas

Banyak yang mengatakan jika belum ke Malaysia jika belum memiliki foto di sekitar menara kembar Petronas. Apalagi kawasan itu sangat indah dan menjadi daya tarik wisatawan. Bahkan, ada yang rela datang jauh-jauh hanya untuk mengambil dengan latar belakang menara kembar.

Petronas adalah tempat yang cukup dirindukan di Malaysia, apalagi pandemi sudah berjalan lebih dari satu tahun. Malaysia juga terus memberlakukan lockdown untuk menghindari kasus yang lebih tinggi. Terlebih mutasi dari virus Covid-19 semakin banyak dan kemungkinan ada yang kebal dengan vaksin.

Mari menunggu hingga pandemi ini selesai. Selanjutnya bisa langsung datang ke Malaysia untuk menikmati keindahan Petronas dan melakukan wisata kuliner dan juga belanja di area sekitarnya.

  1. Wisata Pulau Tropis

Pulau Langkawi adalah salah satu pulau tropis yang cukup terkenal di antara Malaysia untuk sektor pariwisatanya. Jumlah wisatawan ke tempat ini ada sangat banyak setiap tahun. Tidak mengherankan jika sama pandemi, sektor ini ambruk sehingga tidak bisa mendapatkan wisatawan sama sekali.

Menurut update terbaru, kemungkinan besar pulau ini akan segera dibuka meski untuk bisa masuk ke dalamnya membutuhkan persyaratan yang cukup ketat. Apalagi di Asia Tenggara Covid-19 masih belum selesai, termasuk di Malaysia sendiri.

Bagi beberapa orang pulau Langkawi adalah salah satu yang cukup dirindukan dari Malaysia. Itulah kenapa begitu kawasan Ini akhirnya dibuka, wisatawan lokal dan dari Indonesia pasti membanjirinya.

  1. Keperluan Medis

Terakhir dan tidak kalah penting adalah wisata berobat yang selama ini menjadi andalan dari Malaysia. Bahkan banyak sekali wisatawan yang rela datang ke negara ini untuk  berobat jalan hingga operasi berbagai masalah medis yang cukup parah.

Malaysia dipilih sebagai tempat untuk berobat karena memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah memiliki teknologi kesehatan yang cukup tinggi dan biaya berobat yang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan negara lain.

Itulah kenapa saat pandemi sedang berjalan dan Malaysia juga melakukan lockdown, meski sangat terbatas. Beberapa pengobatan yang cukup darurat bisa dilakukan. Namun, harus menjalani karantina selama 14 hari di rumah sakit.

Hal yang dirindukan dari Malaysia memang cukup banyak. Apalagi jika Anda sering sekali pelesir ke Negeri Jiran mengingat tiket perjalanan ke sana cukup terjangkau, salah satunya dengan membeli lewat Traveloka. Pasti ada banyak hal yang ingin dilakukan lagi entah itu shopping atau sekadar wisata kuliner sampai puas.

Sembari menunggu batas negara antara Indonesia dan Malaysia dibuka, tidak ada salahnya untuk merancang rencana perjalanan terlebih dahulu. Setelah pandemi usai, Anda bisa langsung berangkat ke sana dan menikmati apa saja yang sudah lama dirindukan.

7 Wisata Solo yang Hits dan Instagramable

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan