logo


China Bersedia Bujuk Korut untuk Lanjutkan Dialog Denuklirisasi dengan AS

Dalam pertemuan dengan Menlu China, Presiden Korea Selatan meminta Beijing untuk membujuk Korea Utara agar mau melanjutkan dialog dengan AS soal denuklirisasi Semenanjung Korea

16 September 2021 17:00 WIB

Menlu China Wang Yi bertemu Presiden Korsel Moon Jae In (kanan)
Menlu China Wang Yi bertemu Presiden Korsel Moon Jae In (kanan) Al Jazeera

SEOUL, JITUNEWS.COM - Kantor Kepresidenan Korea Selatan mengatakan bahwa Presiden Moon Jae-in berharap agar China dapat terus mendukung proses perdamaian di Semenanjung Korea dan upaya denuklirisasi Korea Utara. Harapan tersebut disampaikan saat Presiden Moon bertemu dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, pada Rabu (15/9).

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 40 menit tersebut, Moon Jae-in menekankan bahwa China mampu membujuk Korea Utara agar bersedia melanjutkan negosiasi denuklirisasi dengan Amerika Serikat.

"(Presiden Moon) meminta China untuk terus memainkan sebuah peran yang konstruktif dalam membujuk Korea Utara untuk melanjutkan dialog," kata kantor kepresidenan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan tertulis, dikutip Sputniknews.


Mantan Kepala CIA Khawatir Kemenangan Taliban Jadi Inspirasi bagi Kelompok Jihadis di Seluruh Dunia

Sementara itu, Menlu China, Wang Yi, menegaskan bahwa China sangat mendukung upaya denuklirisasi Semenanjung Korea dan progres peningkatan hubungan Seoul-Pyongyang. Wang Yi juga menjanjikan jika China akan terus berupaya memainkan peran yang konstruktif.

Pertemuan Wang Yi dan Moon Jae-in tersebut digelar sebelum adanya laporan yang menyebut Korea Utara melakukan peluncuran dua rudal balistiknya ke arah perairan Jepang. Kedua rudal tersebut terbang di ketinggian sekitar 60 kilometer diatas permukaan laut, dan menempuh jarak hingga 800 kilometer.

Langgar Resolusi Dewan Keamanan PBB, Inggris Kecam Uji Coba Rudal Balistik Korea Utara

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia