logo


Langgar Resolusi Dewan Keamanan PBB, Inggris Kecam Uji Coba Rudal Balistik Korea Utara

Kementerian Luar Negeri Inggris menilai uji coba rudal balistik Korea Utara mengancam perdamaian dan keamanan Asia Pasifik

16 September 2021 16:30 WIB

Ilustrasi Rudal Balistik
Ilustrasi Rudal Balistik BBC

LONDON, JITUNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri Inggris mengecam uji coba peluncuran rudal balistik yang dilakukan oleh Korea Utara pada Rabu (15/9), dan menyebut tindakan tersebut sebagai bentuk pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB, serta ancaman terhadap perdamaian dan keamanan di kawasan Asia-Pasifik.

Pada Rabu (15/9), Korea Utara telah meluncurkan dua rudal balistik yang disebut oleh Pyongyang sebagai uji coba jalur sistem rudal.

"Uji coba ini jelas merupakan sebuah pelanggaran Resolusi Dewan Keamanan PBB dan ancaman bagi perdamaian dan keamanan regional," kata seorang juru bicara Kemenlu Inggris pada Rabu (15/9).


Rudal Balistik Korea Utara Jatuh di Dalam Teritori Jepang

Kemenlu Inggris menekankan bahwa Korea Utara harus menghentikan pengembangan senjata nuklirnya dan segera mengambil langkah untuk denuklirisasi.

"Bersama negara sekutu dan mitra kami, Inggris sangat berkomitmen untuk perdamaian di Semenanjung Korea, menjunjung tinggi sistem internasional berbasis aturan dan memastikan diakhirinya kegiatan melanggar hukum Korea Utara itu," tambahnya.

Kementerian Luar Negeri juga mendesak Korea Utara untuk menahan diri dan tidak melakukan tindak provokasi yang lebih lanjut dan menjalin kembali dialog dengan Amerika Serikat.

 

Mantan Kepala CIA Khawatir Kemenangan Taliban Jadi Inspirasi bagi Kelompok Jihadis di Seluruh Dunia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia