logo


Rudal Balistik Korea Utara Jatuh di Dalam Teritori Jepang

Sejumlah pejabat Kementerian Pertahanan Jepang melaporkan jika rudal balistik yang ditembakkan oleh Korea Utara jatuh di dalam zona ekonomi ekslusif Jepang

16 September 2021 15:30 WIB

Rudal Balistik
Rudal Balistik forbes

TOKYO, JITUNEWS.COM - Kementerian Pertahanan Jepang pada Rabu (15/9) mengatakan bahwa dua rudal balistik yang ditembakkan oleh Korea Utara jatuh di dalam zona ekonomi ekslusif Jepang. Sejumlah pejabat Kemenhan Jepang melaporkan kepada NHK jika itu adalah rudal balistik Korea Utara pertama yang mendarat di wilayah perairan Jepang sejak 2019 lalu.

Sebelumnya, Kepala Staf Militer Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis jika Korea Utara telah menembakkan dua rudal balistik ke arah wilayah teritori Jepang. Usai insiden uji coba tersebut, Seoul dan Tokyo mengumumkan bahwa mereka akan segera menggali informasi terkait hal itu dan akan melaporkannya kepada dewan keamanan nasional masing-masing negara.

Sementara itu, media pemerintah Korea Utara, KCNA, pada 13 September lalu melaporkan bahwa Pyongyang telah berhasil menggelar uji coba peluncuran rudal penjelajah mereka. Sejumlah pakar Korea Utara melaporkan jika rudal-rudal balistik tersebut mampu menghancurkan target yang berada dalam radius 1.500 kilometer.


Bos Huawei Ungkap Strategi Baru Hadapi Tekanan dan Sanksi AS

Uji coba rudal tersebut tentu saja memicu kecaman dari Amerika Serikat yang selama ini berusaha melucuti senjata nuklir Korea Utara. Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan jika kegiatan yang dilakukan oleh Korea Utara itu melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB dan menimbulkan ancaman bagi negara tetangga dan masyarakat internasional.

 

Duo Korea Gelar Uji Coba Rudal Balistik, Tapi Hanya Pyongyang yang Dikecam AS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia