logo


Bill Gates Ingatkan Dunia Tak Akan Siap Hadapi Pandemi Baru

Bill Gates meminta semua negara untuk lebih mempersiapkan diri meningkatkan investasi dalam sektor kesehatan guna menghadapi potensi munculnya situasi pandemi baru di beberapa dekade ke depan

15 September 2021 16:30 WIB

Foto Bill Gates
Foto Bill Gates CNBC

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Pendiri perusahaan teknologi asal AS, Microsoft, dan yayasan Bill & Melinda Gates Foundation, Bill Gates, memperingatkan jika dunia tidak akan siap menghadapi sebuah pandemi baru karena semua negara tidak mempersiapkan diri untuk itu.

"Jika ada sesuatu hal yang dapat membunuh lebih dari 10 juta orang dalam beberapa dekade ke depan, itu kemungkinan besar lebih kepada sebuah virus yang sangat menular dibanding dengan sebuah perang...Bukan misil, tapi mikroba," ujar salah satu orang terkaya di Planet Bumi tersebut dalam sebuah konferensi.

Sementara itu, dalam laporannya, Yayasan Bill and Melinda Gates mendesak para petinggi dunia untuk membuat sebuah komitmen investasi jangka panjang untuk mengembangkan infrastruktur sistem kesehatan dan meningkatkan produksi vaksin, khususnya untuk negara-negara miskin dan sedang berkembang.


Tak Tepati Janji, Taliban Dituding Lakukan Pelanggaran HAM dan Hak Perempuan

“Tampak jelas bahwa di dunia yang terglobalisasi, di mana orang dan barang bergerak terus-menerus melintasi perbatasan, tidak cukup bagi negara-negara kaya untuk menjadi satu-satunya yang memiliki peralatan dan sumber daya untuk mengurutkan virus,” demikian bunyi laporan tersebut.

Menurut yayasan tersebut, krisis kesehatan yang terjadi di seluruh dunia telah membuat lebih dari 31 juta orang terjerembab ke dalam jurang kemiskinan. Meski sejumlah negara berhasil memulihkan perekonomiannya, namun sejumlah peringatan akan varian mutasi virus sudah dikeluarkan oleh WHO dimana hal itu bisa merusak progres vaksinasi.

 

AS Sudah Tertipu oleh Pakistan selama Periode Invasi Afghanistan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia