logo


Jokowi: Saya Yakin 3-4 Tahun ke Depan Indonesia Bisa Menjadi Produsen Utama Produk Barang Berbasis Nikel

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa nasib ekonomi Indonesia bisa berubah

15 September 2021 12:45 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa nasib ekonomi Indonesia bisa berubah dengan dibangunnya pabrik baterai kendaraan listrik milik PT HKML Battery Indonesia di Karawang.

"Era kejayaan komoditas bahan mentah sudah berakhir dan kita harus berani mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas untuk masuk ke hilirisasi masuk ke industrialisasi. Menjadi negara industri yang kuat dengan berbasis kepada pengembangan inovasi teknologi," kata Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (15/9).

Jokowi mengatakan bahwa strategi bisnis negara adalah secepatnya keluar dari jebakan negara pengekspor negara mentah.


Pertumbuhan Ekonomi 5,0-5,5%, DPR: Kombinasi Gas dan Rem yang Tepat

"Strategi bisnis besar negara adalah keluar secepatnya dari jebakan negara pengekspor bahan mentah. Melepaskan ketergantungan pada produk-produk impor dengan mempercepat revitalisasi industri pengolahan, sehingga bisa memberikan peningkatan nilai tambah ekonomi yang semakin tinggi," katanya.

Jokowi meyakini beberapa tahun ke depan Indonesia bisa menjadi produsen utama produk-produk barang jadi berbasis nikel.

"Saya yakin dalam 3 sampai 4 tahun ke depan melalui manajemen yang baik, manajemen pengelolaan yang baik, Indonesia akan bisa menjadi produsen utama produk-produk barang jadi berbasis nikel. Seperti baterai lithium, baterai listrik, baterai kendaraan listrik," kata Jokowi.

Jokowi Perintahkan Jangan Akhiri PPKM Sampai Covid-19 Bisa Terkendali

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata